Kupang (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan siklon tropis Rusty menghampiri wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan memicu terjadinya angin kencang.

Siklon tropis Rusty berada pada 17,5 derajat Lintang Selatan dan 118,3 derajat Bujur Timur atau sekitar 870 kilometer dari barat daya Pulau Sabu, kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi dan Geofisika Kelas II El Tari Kupang, Syaiful Hadi, di Kupang, Senin.

Angin kencang akibat siklon tropis itu, katanya, juga berdampak pada tinggi gelombang laut di wilayah selatan NTT dan wilayah perairan lain.

Ia menambahkan, tinggi gelombang laut di perairan NTT bisa mencapai lima meter sampai enam meter.

Menurut dia, saat ini siklon tropis Rusty bergerak ke arah timur tenggara dengan kecepatan dua kilometer per jam, menjauhi wilayah Indonesia.

"Siklon itu memicu kecepatan angin berkisar 25-40 kilometer per jam dan hujan berpotensi terjadi hingga tiga hari ke depan," katanya.

Syaiful mengatakan, dampak siklon itu akan meliputi wilayah perairan Kupang, Flores Barat, dan Pulau Sumba karenanya dia mengingatkan perusahaan pelayaran dan para nelayan berhati-hati kalau melayari wilayah perairan itu.

(B017)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013