Jakarta (ANTARA) - Google sedang menguji coba label khusus untuk pesan Rich Communication Services (RCS) yang ada di aplikasi berkirim SMS Messages.

Laman Phone Arena dan 9to5Mac, Rabu (21/6), melaporkan label khusus pesan RCS ditemukan pada aplikasi Google Messages versi beta terkini. Label itu bisa ditemukan pada laman utama Messages, di bawah avatar profil, Google memberikan ikon Messages untuk menunjukkan bahwa percakapan itu berbasis RCS.

Label khusus RCS itu hanya berlaku untuk pesan individu dan grup, sementara pada pesan non-RCS seperti SMS atau MMS, tidak ada label pada avatar profil.

Sebelum uji coba label khusus, pesan RCS bisa diketahui dengan membuka pesan dan melihat kolom teks.

Baca juga: Kiat liburan ala Google, penawaran bagus untuk penerbangan hingga rute

Jika ada tulisan "RCS message" maka percakapan itu berbasis RCS. Jika pesan SMS biasa, maka tulisan yang muncul adalah "text message".

Fitur label untuk pesan RCS pada aplikasi Google Messages saat ini masih dalam tahap uji coba, belum diketahui kapan fitur itu menjadi reguler dan disebarkan kepada pengguna Android.

RCS adalah pesan singkat berbasis internet untuk pengguna Android, berbeda dengan pesan SMS atau MMS yang menggunakan pulsa kartu seluler. Jika sesama pengguna Android berkirim pesan RCS, maka pulsa seluler tidak terpotong.

Konsep RCS Android sama dengan iMessage untuk platform iOS. Ketika berkirim pesan dalam grup dan salah seorang anggota grup menggunakan iOS, maka fitur RCS tidak berlaku dan menjadi pesan biasa.

Baca juga: Google sediakan 5.000 beasiswa keterampilan digital untuk Kemenkominfo

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023