Tahun 2022 gerakan kurban asik tanpa sampah plastik telah berhasil mengubah penggunaan kemasan sekali pakai saat distribusi kurban menjadi kemasan ramah lingkungan
Jakarta (ANTARA) - Lembaga filantropi Islam Dompet Dhuafa menargetkan penerima manfaat daging kurban pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi mencapai angka 1,2 juta jiwa di seluruh pelosok Indonesia.

"Melakukan sebaran hewan kurban hingga pelosok negeri dengan menargetkan lebih dari 1,2 juta jiwa penerima manfaat daging hewan kurban," ujar Ketua Program Tebar Hewan Kurban (THK) 2023 Dompet Dhuafa, Mariatul Kibtiah, di Jakarta, Kamis.

Mariatul mengatakan Dompet Dhuafa kembali meluncurkan Program Tebar Hewan Kurban pada Idul Adha tahun ini dan berharap melalui program tersebut dapat mendukung pemerataan kesejahteraan sosial serta meningkatkan konsumsi gizi dalam upaya pencegahan stunting bagi anak-anak.

Hewan/daging kurban yang didistribusikan berasal dari para peternak hasil binaan Dompet Dhuafa Farm (DD Farm), sehingga selain memberikan manfaat kepada mustahik, juga ada pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Dompet Dhuafa akan distribusikan 40 ribu ekor kurban ke wilayah 3T

"Program Tebar Hewan Kurban ini sudah memasuki ke-29 kali, hadir dengan tujuan untuk bisa ikut memberdayakan peternak dan melakukan sebaran hewan kurban hingga pelosok negeri," ucapnya.

Sementara itu Direktur Komunikasi, Teknologi, dan Tata Kelola Dompet Dhuafa Prima Hadi Putra menargetkan pengumpulan hewan kurban setara kambing/domba sebanyak 32 ribu ekor tahun ini .

Di sisi lain, pihaknya juga terus menyosialisasikan pemanfaatan wadah ramah lingkungan ke masyarakat, seiring masih tingginya penggunaan plastik atau wadah sekali pakai, terutama di kota-kota besar, sehingga memicu tingginya sampah dan kerusakan lingkungan.

"Tahun 2022 gerakan kurban asik tanpa sampah plastik telah berhasil mengubah penggunaan kemasan sekali pakai saat distribusi kurban menjadi kemasan ramah lingkungan pada 137.539 paket di 24 provinsi di seluruh Indonesia," katanya.

Baca juga: PP Aisyiyah serukan penggunaan daun dan besek untuk daging kurban

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023