Jangan sampai ada praktek gentong bocor
Depok (ANTARA News) - Calon Gubernur Jawa Barat yang diusung PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka meminta kepada para pendukung dan relawannya untuk mewaspadai adanya kecurangan dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2013.

"Usai penghitungan suara, TPS harus dijaga agar tidak ada kecurangan. Jangan sampai ada praktek gentong bocor," kata Rieke sebelum melakukan pencoblosan di TPS 20 di RT 03/06 Kukusan, Depok, Jabar, Minggu.

Sebelum melakukan pencoblosan di kediamannya Jalan KH Ahmad Dahlan V No 10 Kukusan, Beji, Depok, Rieke melakukan sungkeman kepada neneknya Ratu Dewi Katimi (86).

Politisi yang juga aktris itu mengaku tidak memasang target berapa jumlah suara yang akan diperoleh, karena yang terpenting baginya adalah bekerja sesuai dengan aturan yang ada tanpa melakukan kecurangan-kecurangan.

Pada kesempatan yang sama, Rieke yang melejit berkat sinetron komedi "Bajaj Bajuri" juga mengimbau kepada warga Jabar agar menggunakan hak pilih.

Sebanyak 32,5 juta warga Jabar yang telah memiliki hak suara akan memilih gubernur dan wakil gubernur periode 2013-2018.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, jumlah penduduk provinsi itu 43 juta jiwa dan yang telah memenuhi syarat hak pilih adalah 32.536.980 orang, tersebar di 26 kabupaten/kota.

Pemilihan akan dilakukan di 74.948 tempat pemungutan suara (TPS) yang dilayani oleh sekitar 470 ribu petugas. Pemungutan suara dilakukan mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB di TPS masing-masing.

Dalam Pilgub Jabar 2013 ini diikuti oleh lima pasangan yaitu Dikdik Muliana Arief Mansur dan Cecep Nana Suryana Toyib nomor urut 1 yang berasal dari independen, Irianto MS Syafiuddin (Yance) dan Tatang Farhanul Hakim nomor urut 2 yang diusung Partai Golkar.

Selanjutnya Yusuf Macan Effendi (Dede Yusuf) dan Lex Laksamana Zaenal nomor urut 3 yang diusung Partai Demokrat, PAN, Gerindra dan PKB, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar nomor urut 4 yang diusung PKS, Hanura, PPP dan PBB, serta Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki nomor urut 5 yang diusung PDI Perjuangan.

(F006)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013