Ditetapkannya Anas sebagai tersangka semakin menambah daftar panjang politisi Partai Demokrat yang terjerat kasus hukum
Jember (ANTARA News) - Pengamat politik Universitas Jember (Unej) Drs Joko Susilo MSi mengatakan penetapan status tersangka Anas Urbaningrum semakin memperburuk citra Partai Demokrat jelang Pemilu 2014.

"Ditetapkannya Anas sebagai tersangka semakin menambah daftar panjang politisi Partai Demokrat yang terjerat kasus hukum," kata Joko di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Menurut dia, masyarakat semakin tidak percaya terhadap partai politik penguasa itu karena satu persatu politisinya yang duduk di DPR terjerat kasus korupsi proyek Hambalang, sehingga citra partai semakin buruk.

"Tugas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat cukup berat untuk mengembalikan citra partai jelang Pemilu 2014," tuturnya.

"Saat ini masyarakat sudah apatis terhadap parpol karena hanya figur personal yang menjadi penentu dalam pemilihan umum presiden dan pemilihan umum legislatif," tambah pengajar Ilmu Hubungan Internasional FISIP Unej itu.

Hal senada juga disampaikan pengamat hukum Universitas Jember Dr Widodo Eka Tjahyana yang menilai bahwa penetapan Anas sebagai tersangka sangat memperburuk citra Partai Demokrat dan hal itu akan berpengaruh pada Pemilu 2014.

"Apabila Anas nanti terbukti menggunakan uang negara untuk kegiatan pemenangannya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat atau kegiatan partai lainnya maka Partai Demokrat dapat dibubarkan oleh Mahkamah Konstitusi," tuturnya.

KPK menetapkan status tersangka mantan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dalam kasus korupsi pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

(KR-MSW) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013