Stefan Bradl akan menggantikan Alex Rins akhir pekan ini untuk MotoGP Belanda
Jakarta (ANTARA) - Tim balap Honda LCR mengumumkan Stefan Bradl akan menggantikan Alex Rins yang masih dalam proses pemulihan cedera pada MotoGP Belanda, akhir pekan ini.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Rabu, Bradl, yang merupakan pebalap penguji Honda, dinilai oleh tim sebagai seorang pengganti yang sangat cakap, setelah membuat dua penampilan Grand Prix tahun ini.

“Mantan pebalap LCR Stefan Bradl akan menggantikan Alex Rins akhir pekan ini untuk MotoGP Belanda. Kami mengirimkan doa dan kekuatan untuk Alex terkait penyembuhannya. Kami akan berusaha untuk terus memberikan pembaruan yang lebih baik,” kata tim Honda LCR melalui media sosial resminya.

Adapun Rins masih dalam proses pemulihan dari cedera patah tulang pada tibia dan fibula di balapan Sprint MotoGP Italia, awal Juni ini.

Baca juga: Rins alami retak pergelangan lengan setelah kecelakaan di Catalunya

“Alex Rins langsung menjalani operasi pertama Sabtu malam, 10 Juni, di Rumah Sakit Universitas Careggi (Florence). Dokter bedah akan memasang fiksator eksternal untuk menstabilkan kaki kanannya dan mengurangi pembengkakan sebagai penanganan sementara,” kata tim.

“Rins akan tetap di bawah pengawasan, dan setelah dinyatakan tak ada gejala lain, ia akan kembali ke Spanyol untuk menjalani operasi terakhir,” imbuhnya.

Di sisi lain, Bradl juga sempat menggantikan Marc Marquez (Repsol Honda) pada Grand Prix Red Bull Amerika di Austin, Texas, AS, di bulan April 2023.

Sementara itu, tim Repsol Honda juga menggaet pebalap World Superbike (WSBK) Iker Lecuona untuk menggantikan Joan Mir yang masih cedera. Lecuona akan menjadi pendamping Marc Marquez untuk tim pabrikan Honda tersebut.

Adapun Lecuona melakukan debut bersama Repsol Honda di GP Spanyol di awal tahun, membukukan akhir pekan yang konsisten dan menyelesaikan balapan Sprint dan Grand Prix. Pada 2022, pebalap berusia 23 tahun itu merebut podium WSBK debutnya di sirkuit Belanda.

Baca juga: Honda pastikan Mir kembali dan Bradl gantikan Marquez di MotoGP Austin

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023