Dengan adanya sponsor individu ini, di satu sisi menjadi motivasi sedangkan di sisi lain juga tanggung jawab semakin besar
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 80 atlet pelatnas bulu tangkis telah resmi menandatangani kontrak dengan sponsor baru mereka setelah menyelesaikan proses pelelangan di Senayan National Golf Club, Jakarta, Jumat malam.

"Dengan adanya sponsor ini diharapkan dapat menambah motivasi atlet dan pelatih," kata Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Gita Wirjawan.

Sejak kepengurusan di bawah pimpinan Gita, PBSI menerapkan sistem kontrak individu pada seluruh atletnya. Sebanyak tujuh perusahaan aparel yaitu Victor, Yonex, Li Ning, Flypower, Astec, Babolat dan Reinforced Speed (RS) siap mendukung 80 atlet yang menghuni pelatnas Cipayung.  Sedangkan Tommy Sugiarto, yang baru bergabung di pelatnas, telah lebih dulu menyelesaikan urusan kontraknya bersama Yonex yang selama ini mendukungnya.

Victor yang merupakan perusahaan dari Korea, berhasil mendapat atlet terbanyak dibanding perusahaan lainnya. Perwakilan Victor, Jeff Chen mengatakan perusahaannya telah lama menunggu kesempatan untuk menjadi sponsor atlet top Indonesia.

"Kami telah empat tahun di sini tetapi baru sekarang punya kesempatan. Kalau kami mau promosi di Indonesia, harus memilih pemain topnya. Kami selama menjadi sponsor selalu menganggap pemain seperti keluarga," kata Chen yang merupakan General Manager Victor itu.

Victor juga menyiapkan produk dengan seri nama pemainnya begitu juga promo lain seperti iklan. "Dulu pernah ada raket edisi Fung (dari mantan atlet nasional, Fung Permadi) tahun 1999," tambahnya.

Salah satu atlet yang disponsori Victor adalah ganda campuran andalan Indonesia, Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad.  "Dengan adanya sponsor individu ini, di satu sisi menjadi motivasi sedangkan di sisi lain juga tanggung jawab semakin besar," ujar Liliyana.

Sementara itu, sponsor lokal yang merupakan milik legenda bulu tangkis Indonesia, Susi Susanti dan Alan Budikusuma berhasil menggaet delapan atlet.

"Harapannya pemain Astec bisa memberikan prestasi yang terbaik sehingga dapat mengembalikan kejayaan bulu tangkis Indonesia," kata Alan.

Dari proses pelelangan sponsor terkumpul total Rp33,2 milyar yang mendukung 80 atlet pelatnas. Dari sekian atlet, bahkan ada yang mendapat lebih dari Rp1 milyar. Beberapa atlet yang mendapat sponsor dengan nominal tertinggi antara lain Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad, Simon Santoso, Muhammas Ahsan, dan Hendra Setiawan.

Usai acara penandatanganan kontrak sponsor, dilanjutkan acara pelepasan atlet yang akan berlaga di All England 2013. Sebanyak 29 atlet akan bertolak ke Birmingham, Inggris pada 3 Maret mendatang untuk mewakili Indonesia di turnamen tertua di dunia tersebut. Sebagian di antaranya akan berangkat lebih dulu ke Mulheim an der Ruhr pada 24 Februari untuk mengikuti kejuaraan German GP Gold 2013.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013