Fényeslitke, Hongaria (ANTARA/Business Wire)- Intelligent Rail & Logistics Forum 2023 berlangsung hari ini di Fényeslitke, Hongaria. Di forum tersebut, Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO) mengumumkan akan membentuk Global Alliance on Artificial Intelligence for Industry and Manufacturing bersama Huawei dan para mitra internasional pada bulan Juli. Aliansi ini berkomitmen untuk menyediakan platform kerja sama dan berbagi pengetahuan guna mendorong inovasi dan penerapan teknologi AI dalam industri dan manufaktur serta mendorong ekonomi digital.

Ciyong Zou, Wakil Direktur Jenderal dan Managing Director UNIDO, dalam sambutannya menyatakan, “Kami menyaksikan bagaimana konektivitas seluler menyatu dengan inovasi industri. Perpaduan antara 5G, AI dan komputasi awan banyak bermanfaat bagi sektor transportasi dan logistik. Efisiensi dan kualitas pekerjaan meningkat signifikan. Lokasi kerja juga menjadi lebih aman. Partisipasi perempuan dalam lingkungan kerja yang sebelumnya didominasi laki-laki juga meningkat.”
Karena manfaat solusi AI semakin nyata di seluruh industri, penting untuk membantu bisnis beralih digital. “Tujuan Aliansi ini adalah menjadi platform kerja sama, berbagi pengetahuan, dan memperlihatkan praktik terbaik,” ujar Zou.

János Tálosi, CEO East-West Intermodal Logistics Plc., menjelaskan, "Terminal antar moda East-West Gate (EWG) mulai beroperasi pada bulan Oktober 2022. Di terminal EWG, 1 juta TEU (peti kemas ukuran 20 kaki) dapat cepat dibongkar muat antar rel ukuran lebar dan ukuran standar setiap tahun. Artinya, persyaratan yang tinggi untuk efisiensi dan keamanan. Karena 5G memungkinkan interkoneksi seluruh komunikasi internal dan peralatan teknis, derek-derek sangat otomatis di terminal ini dapat dikendalikan dari jarak jauh dan mampu bergerak dengan halus. Sehingga sangat meningkatkan produktivitas sekaligus menyediakan lingkungan kerja yang lebih nyaman bagi operator."

"Proyek ini merupakan pencapaian penting dalam pengembangan teknologi 5G di Hongaria dan digitalisasi kereta api, serta memungkinkan EWG menjadi pusat logistik kereta api antar moda di era digital," kata Tálosi.

Kata Radoslaw Kedzia, Wakil Presiden Huawei wilayah Nordik dan Eropa Tengah dan Timur, "Terminal Antar Moda East-West Gate adalah kisah tentang menciptakan nilai sosial dengan kerja sama luar biasa antar mitra dan investor yang penuh dedikasi. Solusi teknologi tinggi dan digital yang diterapkan di terminal ini menarik banyak penduduk setempat usia muda untuk tinggal di area tersebut. Usia rata-rata karyawan 23-25 tahun. Tersedia lingkungan kerja yang sangat aman, sehat dan bersih bagi pekerja, tidak ada lagi kondisi tidak menyenangkan. Solusi ini membuktikan bahwa 5G benar-benar diterapkan di sektor perkeretaapian pintar di Eropa dengan menggunakan teknologi digital generasi mendatang dan mampu memecahkan berbagai masalah umum serta mendorong transformasi digital."

Intelligent Rail & Logistics Forum 2023 berlangsung di terminal antar moda East-West Gate (EWG) di Fényeslitke, Hongaria. Luas terminal ini 5 juta meter persegi, yang mencakup terminal, gudang, dan zona pembangunan. EWG adalah terminal antar moda darat terbesar dan termodern dari jenisnya, dan pelabuhan kereta api peti kemas swasta pertama yang didukung oleh 5G di Eropa.


Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak

Sumber: Huawei

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023