Gothenburg (ANTARA News) - Geely Holding, pemegang saham terbesar Volvo Car Corporation (Volvo Cars) dan Geely Auto, akan membangun sebuah Pusat Riset dan Pengembangan (Research and Development - R&D) di Gothenburg, Swedia.

Zhejiang Geely Holding Group Co., Ltd. menyebutkan fasilitas ini akan mengembangkan arsitektur modular barudan komponen untuk mobil segmen C di masa depan, demi memenuhi kebutuhan Volvo Cars dan Geely.

Fasilitas ini akan dikelola oleh Mats Fagerhag, Wakil Presiden Divisi Strategi Produk Volvo Cars, dan memanfaatkan kepemimpinan teknologi Volvo dalam Geely Holding. Pusat R&D ini akan mempekerjakan sekitar 200 pegawai penuh dari Swedia dan China.

"Grup kami memiliki berbagai tujuan yang ambisius untuk meningkatkan daya saing produk kami," kata Li Shufu, Ketua Geely Holding Group.

"Geely akan terus meningkatkan kualitas produknya di masa yang akan datang dan dapat belajar dari Volvo Cars.

Namun, pertukaran wawasan dan teknologi ini tak perlu mempengaruhi integritas produk dan pengembangan produk masing-masing.

Kami yakin, baik Pusat Riset dan Pengembangan yang dibangun sendiri maupun gabungan dengan pendekatan yang terfokus adalah cara terbaik untuk mewujudkan tujuan kami," ungkap Li Shufu.

Pusat R&D ini akan berlokasi di Gothenburg (Lindholmen Science Park), dengan mengandalkan kompetensi otomotif di wilayah ini.

Perekrutan para insinyur sedang berlangsung dan fasilitas ini akan beroperasi sepenuhnya pada akhir tahun 2013.

Arsitektur modular dan komponen tidak hanya akan menciptakan teknologi dan atribut produk berkelas dunia, tapi juga penghematan biaya dalam pengembangan, uji coba, dan pengadaan produk untuk mewujudkan peningkatan ekonomi yang signifikan.

CEO Pusat Riset dan Pengembangan, Mats Fagerhag, berkomentar: "Rancangan modular ini memungkinkan beberapa platform kendaraan yang berbeda dapat dikembangkan dari satu arsitektur, sehingga menjamin terciptanya solusi khusus untuk kedua produk.

Hal ini akan menjadi ajang bagi kerjasama antara produsen mobil premium dunia Barat dan sebuah perusahaan otomotif China yang berkembang."

Mats Fagerhag dan timnya akan dibantu oleh para eksekutif senior dari direksi Volvo Cars dan Geely. Carl-Peter Forster, Kepala Penasehat Geely Holding, akan memastikan pengembangan arsitektur modular dan komponen akan dapat memenuhi kebutuhan masing-masing produk untuk tingkat biaya dan atribut yang berbeda.

Secara paralel, pengembangan arsitektur Mobil Volvo untuk segmen yang lebih besar (SPA) terus berlanjut dalam organisasi riset dan pengembangan Volvo Cars sendiri. Kendaraan SPA pertama akan diluncurkan pada tahun 2014.

(W001)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013