Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Palembang ke Kabupaten Musi Rawas atau ke sejumlah kota wilayah Provinsi Bengkulu melalui jalur Sekayu, Musi Banyuasin, Sumsel untuk sementara mencari jalur alternatif jika tidak ingin terjebak banj
Palembang (ANTARA News) - Polda Sumatera Selatan melalui anggota Satuan Patroli Jalan Raya menginformasikan kepada pengemudi kendaraan bermotor pribadi dan umum agar meningkatkan kewaspadaan di jalur lintas Musi Banyuasin-Bengkulu, karena akses jalan lintas itu terdapat genangan banjir.

"Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Palembang ke Kabupaten Musi Rawas atau ke sejumlah kota wilayah Provinsi Bengkulu melalui jalur Sekayu, Musi Banyuasin, Sumsel untuk sementara mencari jalur alternatif jika tidak ingin terjebak banjir," kata Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Sumsel AKBP Eko Waluyo di Palembang, Rabu malam.

Dijelaskannya, berdasarkan data dari petugas di lapangan terdapat antrean kendaraan cukup panjang di jalan antara perbatasan Kabupaten Musi Banyuasin-Musi Rawas menunggu genangan air yang menutup jalan surut.

Sambil menunggu kondisi air yang menggenangi akses jalan lintas tersebut surut atau berkurang hingga dalam batas bisa dilalui kendaraan, pihaknya terus berupaya memberikan informasi seluas-luasnya kepada pengemudi mobil pribadi, truk, dan kendaraan angkutan umum atau travel.

Dengan disebarkannya informasi tersebut secara luas, diharapkan bisa mengurangi penumpukan kendaraan pada akses jalur lintas itu dan meminimalisir timbulnya kerugian masyarakat pengguna jalan, katanya.

Menurutnya, beberapa hari terakhir jalan lintas di Kabupaten Musi Banyuasin yang biasa dijadikan jalan alternatif oleh pengemudi kendaraan akan menuju wilayah Bengkulu sudah tergenang air luapan sungai, namun masih bisa dilewati karena tidak terlalu dalam.

Kondisi banjir yang mulai mengganggu jalan lintas tersebut diharapkan segera surut, sehingga arus lalu lintas bisa normal kembali, katanya menambahkan.

(Y009/M033)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013