Ukurannya bagaiamana supaya nyaman saat dipakai pada musim balap mendatang. Kalau mesinnya semua mobil para peserta ukurannya standar,"
Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional asal Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto, menjalani penyesuaian diri dengan mobil balapnya yang akan digunakan untuk lomba balap mobil GP2 Series mendatang.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Rabu, mengatakan, penyesuaian diri tersebut termasuk mengukur tempat duduk mobil balapnya tersebut, mengingat ini baru pertama kali Rio tampil bersama Addax Barwa (sebelumnya tampil dengan tim Carlin).

"Ukurannya bagaiamana supaya nyaman saat dipakai pada musim balap mendatang. Kalau mesinnya semua mobil para peserta ukurannya standar," katanya.

Di samping itu, kata dia, selama berada di Spanyol tersebut Rio juga melakukan simulator di `workshop`-nya tim Addax Barwa. "Rio menjalani simulator di tim tersebut. Kecepatan yang dipakai adalah hampir sama dengan kecepatan dengan saat perlombaan nanti dan hanya beda sepersekian detik saja," katanya.

Bahkan, kata dia, lintasan yang dipakai saat simulator tersebut merupakan lintasan yang sama dengan yang akan digunakan pada musim balap mendatang, mulai dari Sirkuit Sepang, Malaysia, hingga terakhir di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, November mendatang.

Pebalap berusia 20 tahun ini saat ini berada di Spanyol untuk persiapan menjalani latihan resmi bersama rekannya pebalap asal Amerika Serikat jake Rosenzweig di Addax Barwa.

Latihan resmi menjelang tampil pada GP2 Series mendatang berlangsung dua kali, yaitu pertama di Sirkuit Jerez pada tanggal 26--28 Februari dan kedua di Barcelona (Spanyol), 5--7 Maret 2013.

"Usai latihan resmi di Spanyol ini, Rio kembali ke Indonesia terlebih dulu untuk menggelar konferensi pers di Jakarta sebelum akhirnya berangkat mengikuti seri pertama GP2 Series di Sirkuit Sepang, Malaysia, 22--24 Maret mendatang," katanya.

Ia menambahkan, semua pebalap yang bakal turun pada GP2 Series 2013 ini harus turun pada dua kali latihan resmi di Spanyol (Jerez dan Barcelona) bersama timnya masing-masing.

Musim balap 2013 ini dibagi dalam 11 seri dimulai di Sirkuit Sepang, Malaysia, dan berakhir di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Seri pertama dimainkan di Sirkuit Sepang, Malaysia (22--24 Maret), kedua di Sakhir, Bahrain (19--21 April), ketiga di Barcelona, Spanyol (10--12 Mei), keempat di Monte Carlo, Monaco (24--26 Mei), kelima di Silverstone, Inggris (28--30 Juni), keenam di Jerman (5--7 Juli).

Kemudian, ketujuh di Budapes, Hungaria (26--28 Juli), kedelapan di Spa-Fransorchamps, Belgia (23--25 Agustus), kesembilan di Monza, Italia (6--8 September), kesepuluh di Singapura (20--22 September), dan terakhir di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (1--3 November).
(H015/M009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013