Jakarta (ANTARA) - Perusahaan elektronik Schneider Indonesia melalui Green Program menginisiasi Green Program melakukan penanaman donasi 230 bibit tanaman buah di Kediri, Jawa Timur, salah satu upaya mereka mengurangi emisi karbon.

“Schneider Green Program ini dimotori oleh para karyawan Schneider Indonesia yang memberi donasi bibit tanaman penghijauan pada sekolah-sekolah yang membutuhkan bibit tanaman untuk program penghijauan guna mengurangi emisi gas CO2,” ujar Cluster President Schneider Indonesia dan Timor Leste Roberto Rossi dalam keterangannya diterima di Jakarta, Sabtu.

Schneider Indonesia menanam bibit pohon di lahan seluas 1.140 meter persegi di lingkungan SMPN 4 Kota Kediri. Schneider Green Program diinisiasi sejak tahun 2022 dan telah berhasil memberikan dampak dan manfaat melalui penananaman lebih dari 300 pohon mulai dari Bekasi, Medan, Surabaya, Mojokerto, dan Malang, dengan potensi penyimpanan karbon hingga 6,89 ton.

Baca juga: Schneider Electric berkomitmen wujudkan gedung ramah lingkungan

Schneider Green Program memiliki target untuk menanam 800 bibit tanaman keras hingga tahun 2025 yang diperoleh dari donasi karyawan PT. SEI dengan target sekitar 18,4 ton potensi penyimpanan karbon. Pada awal pelaksanaan Schneider Green Program, Schneider Indonesia banyak melibatkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki jurusan Ketenagalistrikan, Otomasi, & Energi Terbarukan untuk mempromosikan sekolah HIJAU lingkungan.

Dalam perjalanannya, banyak pihak di luar SMK yang menghubungi Schneider Indonesia untuk donasi bibit tanaman penghijauan pada lingkungan sekolah. Selanjutnya, Schneider Indonesia akan berkolaborasi dengan mitra dan pelanggan untuk melakukan misi Green ini pada masa depan.

“Melalui Schneider Sustainability Impact (SSI), kami senantiasa berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan yang memberikan dampak positif baik terhadap lingkungan maupun komunitas. Kami juga berharap kegiatan seperti dapat dilakukan secara merata di seluruh Indonesia sehingga menjadi contoh bagi pihak-pihak lain untuk terus berkontribusi dalam melestarikan lingkungan,” kata Roberto.

Baca juga: Blue Bird resmi gunakan panel surya kurangi emisi karbon 2 ribu ton

Baca juga: Pemerintah terus berupaya kurangi emisi karbon kendaraan berat

Baca juga: Trina Solar percepat praktik emisi nol karbon demi membangun bumi yang berkelanjutan


Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023