merupakan rangkaian acara menuju puncak Sail Teluk Cenderawasih
Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor,Papua menyiapkan atraksi budaya tradisional masyarakat adat Biak menangkap ikan di air laut kering (snapmor) pada Festival Biak Munara Wampasi (BMW) dan Kasumasa 2023.

"Festival Biak Munara Wampasi dan Kasumasa 1-8 Juli merupakan rangkaian acara menuju puncak Sail Teluk Cenderawasih pada November 2023," kata Kepala Dinas Pariwisata Biak Onny Dangeubun di Biak,Jumat.

Diakui Onny, berbagai acara seni budaya dan lomba yang diselenggarakan panitia Festival BMW 2023 diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Biak Numfor.

Kadis Pariwisata Onny mengatakan, dengan jumlah kunjungan wisatawan meningkat pada Festival BMW dan STC 2023 diharapkan juga berdampak dengan pendapatan ekonomi pelaku UMKM.

"Ketika terjadi peningkatan kunjungan wisatawan maka berdampak langsung mendatangkan pendapatan ekonomi bagi masyarakat lokal asli Papua yang berjualan," harap Kadis Pariwisata Onny.

Baca juga: Peredaran uang wisatawan selama festival BMW capai Rp12,8 miliar
Baca juga: Tradisi unik Papua ditampilkan dalam Festival Munara Wampasi Biak


Sementara itu, Ketua Panitia Festival BMW Ricardo Mayor mengatakan, sejumlah kegiatan acara seni budaya dan lomba yang diagendakan panitia bertujuan menyemarakkan ajang festival Biak Muara Wampasi.

"Kegiatan tradisional menangkap ikan itu diagendakan pada 3 Juli pukul 12.00 siang saat air laut Wampasi (kering)," katanya.

Sedangkan untuk acara adat Apen Byaren (berjalan di atas bara batu panas akan dibuat berbeda di ajang Festival BMW 2023.

"Panitia Festival BMW juga menggelar tour wisata kapal laut Biak-Meosbepondi Supiori dan Pulau Numfor, lomba gerak jalan komando bahasa Biak, lomba konten video empat tahun program kerja Bupati Herry Ario Naap serta lomba fotografi," sebut Ricardo.

Baca juga: Seribu penari Biak meriahkan lomba parade tarian Wor
Baca juga: 200 petugas Polres amankan Festival Biak Munara Wampasi


Pada puncak STC pada 1-7 November 2022 berbagai kegiatan digelar di antaranya ekspor perikanan, pameran UMKM, seni budaya daerah, potensi bahari dan pariwisata serta kegiatan bakti sosial kesehatan dan pengobatan di Papua.

Melalui STC 2023 diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan minat investor di Provinsi Papua serta menjaga Kedaulatan Maritim Indonesia di Kawasan Pasifik.

STC 2023 merupakan salah satu kegiatan percepatan pembangunan Papua karena masuk dalam agenda dari Rencana Aksi INPRES Nomor 9 Tahun 2020, tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat yang tertuang dalam Peraturan Menteri PPN/Kepala Bappenas Nomor 5 Tahun 2021.

Baca juga: Dispar Biak gelar lomba foto Festival Biak Munara Wampasi
Baca juga: Wisatawan diajak saksikan Festival Biak Munara Wampasi
Baca juga: Atraksi budaya snap mor dipusatkan Pantai Karnindi

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023