Jakarta (ANTARA) - Fotografer Dhika Ananta Prawira berbagi kiat untuk mengarahkan ekspresi dan gestur pasangan pengantin agar terlihat natural dan menarik, sehingga foto-foto yang dihasilkan jauh lebih baik.

"Saya lebih menekankan komunikasi yang santai serta mengarahkan mereka melalui pergerakan-pergerakan yang natural, meminimalisir pose, sehingga client merasa lebih nyaman dan ekspresi pun terpancar lebih natural dari diri mereka sendiri," jelas Dhika melalui keterangannya diterima Selasa.

Ekspresi dan gestur, kata Dhika, adalah variabel penting dalam memotret pasangan pengantin, sehingga pengantin diharapkan tampil lebih santai saat difoto.

Selain obyek foto, Dhika juga menjelaskan, ada kendala dalam proses situasi yang tidak ideal, misalnya cuaca yang tidak mendukung atau pengantin yang tidak kooperatif.

"Dinamika dalam proses kerja sama pasti ada. Kita juga dipaksa menghadapi keadaan yang tak terduga. Misalnya cuaca. Namun saya berusaha untuk selalu memperlihatkan pancaran optimisme agar client tidak makin panik ketika mengalami kendala yang tak terduga, sembari memberikan mereka beberapa opsi yang bisa menjadi alternatif dalam menghadapi beberapa keadaan yang kurang mendukung,” jelas Dhika.

Baca juga: Tips hasilkan fotografi portrait ciamik dengan smartphone

Dalam fotografi, khususnya acara pernikahan, ada ungkapan foto harus lebih indah dari aslinya.

"Saya lebih suka menghasilkan foto yang terlihat apa adanya namun memancarkan karakter diri dari klien saya. Karena menurut saya, hal tersebut yang paling penting untuk diabadikan," ujar Dhika.

Dhika pernah dipercaya oleh aktris Louise Anastasya, serta sejumlah figur publik lain seperti Raditya Dika, Sharena Delon, Ayu Tingting, Ririn Ekawati, Prilly Latuconsina, Jessica Mila, Enzy Storia dan khususnya untuk acara keluarga dan bulan madu.

"Hal paling penting selain karya adalah bagaimana pelayanan kita terhadap klien. Berusaha sebisa mungkin untuk akrab dan melakukan pendekatan agar klien menjadikan dan menganggap kita sebagai teman, sehingga mereka akan lebih santai ketika difoto serta akan loyal untuk merekomendasikan kita ke kerabat atau teman-teman mereka," tutur Dhika.

Dhika juga mengungkapkan rahasia kunci sukses bagi fotografer pernikahan adalah bagaimana cara supaya dapat menyampaikan pesan lewat karya sehingga dapat diminati oleh target market.

"Selain itu selalu berusaha untuk memberikan pengalaman yang baik kepada klien, sesederhana untuk berusaha akrab dengan klien dan menjalin hubungan lebih lanjut sebagai teman atau relasi dan jangan hanya sebatas kerjasama saja setelah itu lost contact dengan klien. Sehingga mereka pun akan lebih loyal untuk merekomendasikan kita ke kerabat atau teman-teman serta relasi mereka,” papar dia.

Baca juga: Ide kegiatan seru untuk hunting foto agar liburan tak mati gaya

Baca juga: Lima tips menghasilkan konten keren berbekal kamera ponsel

Baca juga: Tips maksimalkan fitur di Samsung Galaxy S23 untuk foto "low light"

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023