Jakarta (ANTARA) - Platform perjalanan, Traveloka menghadirkan fitur-fitur fleksibilitas pemesanan, yang memungkinkan konsumen mengantisipasi ketidakpastian terkait perencanaan liburan terutama saat liburan keluarga bersama anak-anak.

CEO of Transport Traveloka Iko Putera mengatakan terus memperkuat komitmennya dalam menghadirkan solusi inovatif untuk mendukung kemudahan perencanaan liburan sesuai kebutuhan konsumen.

"Setiap konsumen memiliki kebutuhan perjalanan yang semakin personal, sehingga dibutuhkan kemudahan dan sifat adaptif sesuai dengan kondisi konsumen terutama segmen keluarga muda yang sangat memperhatikan kenyamanan anak-anak selama liburan," kata Iko dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurut dia, pihaknya memberikan solusi fleksibilitas untuk pemesanan tiket pesawat, hotel, tiket atraksi, serta transportasi, sehingga konsumen dapat merencanakan liburan bersama keluarga dengan lebih mudah dan bebas dari kekhawatiran.

Fitur-fitur tersebut mencakup Reschedule+ yang memungkinkan konsumen untuk melakukan penyesuaian jadwal perjalanan yang lebih luas, tidak hanya terbatas pada waktu penerbangan, namun juga dapat leluasa mengubah destinasi hingga maskapai penerbangan sesuai kebutuhan.

Baca juga: Traveloka nilai jaga loyalitas konsumen penting bagi bisnis perusahaan

Selain itu, terdapat fitur 100 persen Refund Guarantee (Refundable dan Free Cancellation) untuk pemesanan tiket pesawat domestik maupun internasional, yang dapat memudahkan konsumen mendapatkan pengembalian uang 100 persen jika membatalkan tiket atau melakukan penggantian jadwal sesuai yang diinginkan konsumen dengan membeli asuransi tambahan.

Berikutnya, fitur Easy Reschedule, yang memudahkan konsumen untuk melakukan penyesuaian jadwal penginapan sesuai kebutuhan dan Pay Upon Check In yakni fitur yang memberikan keleluasaan konsumen dalam proses pembayaran saat melakukan check in pada waktu yang telah ditentukan.

Menurut Iko, menyambut periode liburan tengah tahun ini, Traveloka memberikan promosi diskon hingga 70 persen untuk pemesanan tiket pesawat, akomodasi, dan Xperience mulai 12 Juni hingga 9 Juli 2023

Pakar kesehatan jiwa dr Alvinia Hayulani, Sp KJ menjelaskan liburan bersama keluarga tidak hanya memupuk jalinan emosi yang lebih erat antara anak dan orang tua, namun lebih jauh lagi akan merangsang kecerdasan emosional anak.

Baca juga: Traveloka-WRI-BEM Undip berkolaborasi untuk wisata berkelanjutan

"Interaksi dan aktivitas yang terjalin selama liburan akan memberikan stimulasi positif bagi fungsi kognitif, kecerdasan sosial, dan perilaku anak yang fokus untuk mencapai tujuan," ujarnya.

Ia menilai fleksibilitas dalam perjalanan juga berperan penting dalam menghadirkan pengalaman perjalanan yang berkesan serta memberi nilai lebih bagi keluarga.

Iko menambahkan sebagai platform perjalanan digital yang menyasar berbagai segmen termasuk keluarga, menjadi penting untuk selalu memahami hal-hal yang menjadi dasar pengambilan keputusan dalam keluarga.

"Kami senantiasa menempatkan faktor kenyamanan serta kemudahan konsumen menjadi fokus utama. Lebih jauh, kami menginginkan konsumen dapat menemukan keindahan dunia dengan berwisata bersama tanpa ragu dan tanpa khawatir bersama Traveloka," sebutnya.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023