Sebanyak 35 titik panas tersebut terpantau sepanjang Minggu (11/6) mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA
Samarinda (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi sebanyak 35 titik panas yang tersebar di Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga semua pihak diimbau waspada dan saling menjaga agar tidak terjadi penambahan titik panas baru.

"Sebanyak 35 titik panas tersebut terpantau sepanjang Minggu (11/6) mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Senin.

Atas banyaknya titik panas ini, ia mengimbau semua pihak terkait dan lapisan masyarakat luas untuk saling mengingatkan, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan di lahan maupun di hutan yang kering.

Sebaran 35 titik panas yang terpantau ini sudah diinformasikan ke pihak terkait, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat agar mendapat tindakan lebih lanjut.

Baca juga: Waspada karhutla, BMKG deteksi 16 titik panas baru di Kaltim

Sehari sebelumnya Sabtu (10/6) pihaknya pun mendeteksi 16 titik panas di Kaltim yang tersebar di empat daerah yakni Balikpapan dan Kutai Kartanegara masing-masing satu, Kutai Timur 11 titik , dan Berau tiga titik.

Sedangkan 35 titik panas yang terpantau sepanjang Minggu kemarin, katanya, merupakan titik panas baru yang muncul di lokasi berbeda dengan titik koordinat yang berbeda pula.

Ke-35 titik panas itu tersebar di lima kabupaten yakni Paser, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Berau.

Baca juga: BPBD: Kalimantan Timur miliki 13 potensi bencana
 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023