Jarang ada pejabat yang mempunyai perpustakaan pribadi. Sangat kurang. Gubernur Sarundajang adalah seorang intelektual,"
Manado (ANTARA News) - Direktur Utara Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Saiful Hadi mengapresiasi Gubernur Sulawesi Utara Dr Sinyo Harry Sarundajang yang memiliki koleksi buku dan disimpan di perpustakaan pribadi.

"Jarang ada pejabat yang mempunyai perpustakaan pribadi. Sangat kurang. Gubernur Sarundajang adalah seorang intelektual," ujar Saiful Hadi di Manado, Rabu.

Sehari sebelumnya Saiful Hadi bersama Editor "Special Functions" Kantor Berita Malaysia Bernama Mohamad Nasir Yusoff dan Koordinator Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia Indonesia (ISWAMI) Dirwan Ahmad Darwis berkunjung ke perpustakaan pribadi Sarundajang di Kelurahan Kinali Satu, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa.

Dirut Antara menyampaikan kekagumannya kepada gubernur yang memiliki koleksi buku hampir menyentuh angka 37 ribu dengan 15.730 judul buku.

"Di Indonesia hanya bisa dihitung dengan jari. Dan apa yang sudah dilakukan gubernur ini luar biasa," katanya.

Saiful mengatakan minat baca perlu ditingkatkan untuk menambah intelektualitas kaum birokrat maupun legislatif, dan buku adalah sumber pengetahuan.

Sementara itu "Editor Special Functions" Kantor Berita Malaysia Bernama Mohamad Nasir Yusoff juga memuji koleksi buku yang dimiliki Gubernur Sarundajang.

Dia mengatakan dirinya baru mengerti kenapa Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono saat membawakan pidato Hari Pers Nasional (HPN) memuji pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara yang lebih tinggi dari rata-rata nasional yaitu delapan persen.

Menurut dia, hal itu karena Gubernur Sulawesi Utara Sarundajang gemar membaca.

"Setelah saya lihat ini (perpustakaan), baru saya tahu apa rahasianya. Dengan membaca banyak mengumpul, menimba pengalaman untuk membaca hasrat ke depan," katanya.

Dia menambahkan, dari berbagai sudut pandang agama di Sulawesi Utara dengan falsafah "torang samua basudara", harus ada penghayatan tentang ilmu untuk kemudian memberi manfaat positif bagi umat dan agama di belahan bumi ini.

"Saya mewakili Kantor Berita Bernama mengucapkan selamat atas keberhasilan gubernur. Mudah-mudahan wawasan intelektualnya bisa dilaksanakan lebih luas lagi," katanya.

Perpustakaan Gubernur Sinyo H Sarundajang menggunakan sistem baku yang berlaku umum di antaranya "Dewey Decimal Classification" (DDC 12), sistem katalog AACR2 atau "Anglo America Cataloging Rules", serta sistem "filing" dan penelusuran buku.

Sistem lainnya yang juga bisa dimanfaatkan yaitu sistem menejemen perpustakaan, "flip once" atau buku dibuka secara elektronik per lembar serta sistem "download" melalui "database".

Rombongan Dirut Perum LKBN ANTARA dijamu staf khut antarausus Gubernur Bidang Komunikasi Publik Michael Umbas.
(A034/M026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013