UMKM di Sidoarjo jumlahnya sangat banyak, perhatian seperti ini menjadi satu percontohan yang bisa dicontoh oleh desa-desa yang lain
Sidoarjo (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar kegiatan Pasar Rakyat Sidobangkit untuk memperkuat keberadaan usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di daerah setempat.
 
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di Sidoarjo, Sabtu, mengatakan kegiatan Pasar Rakyat Sidobangkit tersebut digelar di Desa Rangkah Kidul Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo.
 
"Pasar rakyat tersebut menyediakan berbagai produk UMKM masyarakat Desa Rangkah Kidul," katanya.
 
Ia mengapresiasi Pemerintah Desa Rangkah Kidul yang peduli terhadap tumbuh kembang UMKM dan menjadi salah satu dari sekian desa di Sidoarjo yang peduli dan mendukung keberadaan UMKM.
 
"Rangkah Kidul termasuk salah satu desa di Sidoarjo yang peduli terhadap tumbuh kembang UMKM," ujar Bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor itu.
 
Gus Muhdlor mengatakan pascapandemi COVID-19, para pelaku UMKM membutuhkan dukungan semua pihak untuk bangkit kembali. Salah satunya dari pemerintah desa yang diharapkan dapat memberikan sentuhan dan perhatian khusus.

Baca juga: PNM buka klasterisasi usaha olahan tambak di Sidoarjo

Baca juga: Koperasi di Sidoarjo ekspor rumput laut ke China
 
"Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berterima kasih seutuhnya karena Desa Rangkah Kidul peduli terhadap tumbuh kembang UMKM," ucapnya.
 
Gus Muhdlor berharap kepedulian desa terhadap UMKM di wilayahnya terus ditunjukkan. Salah satunya dengan giat mempromosikan produk-produk UMKM masyarakatnya seperti melalui pasar rakyat yang digelar Desa Rangkah Kidul kali ini.
 
"UMKM di Sidoarjo jumlahnya sangat banyak, perhatian seperti ini menjadi satu percontohan yang bisa dicontoh oleh desa-desa yang lain," tuturnya.
 
Kepala Desa Rangkah Kidul Warlheiyono mengatakan kegiatan pasar rakyat Sidobangkit bertujuan untuk meningkatkan geliat UMKM di desanya.
 
Ia mengatakan sebagian UMKM yang ada pada pasar rakyat kali ini merupakan penerima manfaat program Kartu Perempuan Usaha Mandiri (KURMA)
 
"UMKM yang hadir pada pasar rakyat ini adalah penerima manfaat program Kurma Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor," katanya.
 
Pada pembukaan Pasar Rakyat Sidobangkit Desa Rangkah Kidul Sidoarjo Jumat (9/6) malam, Pemkab Sidoarjo juga memberikan hadiah kepada warga Desa Rangkah Kidul yang paling awal membayar pajak di desanya.
 
Terdapat tiga orang yang berhak menerima hadiah dari Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor. Pada pembukaan pasar rakyat yang dihadiri Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman tersebut juga dibarengi dengan pembukaan rencana pembangunan Gedung Serbaguna Desa Rangkah Kidul Sidoarjo.

Baca juga: Pemkab Sidoarjo perbaikan 12 ruas jalan

Baca juga: Bandara Juanda layani 3.194.128 penumpang selama triwulan I

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023