Jakarta (ANTARA News) - Gerakan Ayo Bangkit (GAB) yang digagas Ketua Umum DPP Partai Golkar H Aburizal Bakrie (ARB) kembali melatih ratusan  pelaku usaha kecil dari Aceh hingga Papua.

Program yang sudah berjalan sejak 2010 itu merupakan respon nyata ARB dan Partai Golkar terhadap derasnya permintaan pelatihan dari berbagai pelosok Indonesia. Program tersebut kini memasuki tahap keenam dengan jumlah peserta sekitar 5.000 orang se-Indonesia.

Untuk wilayah Jawa Barat, pelatihan tahap keenam ini diadakan pada Senin (11/2) di Purwakarta. Hadir pada kesempatan tersebut, Ade Komarudin, fungsionaris DPP Partai Golkar yang mewakili ARB sebagai ketua umum Partai Golkar dan Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi serta Ketua DPD Golkar Purwakarta Syarif.

Keterangan tertulis Humas GAB yang diterima di Jakarta, Senin, menyebutkan, program ARB yang direspon positif para pelaku usaha kecil ini memang muncul dari semangat merespon keadaan saat ini, tepatnya keadaan sosial dan ekonomi masyarakat yang makin sulit.

Sebelumnya diberitakan, kondisi Indonesia dalam beberapa periode ini tidak mengalami perubahan yang signifikan ke arah yang lebih baik.

Badan Pusat Statistik (BPS) melapokan pertumbuhan ekonomi Indonesia ternyata diiringi dengan melebarnya kesenjangan sosial ekonomi. Kondisi ini diperparah oleh banyaknya kasus korupsi yang dilakukan para pejabat publik.

Sebagai konsekuensinya berkembang sikap apatis, sinisme dan ketidakpercayaan dari masyarakat terhadap partai politik dan proses politik. Hal ini sangat memprihatinkan karena bangsa Indonesia sedang mempersiapkan diri menyambut pesta demokrasi 2014.

Dalam kondisi demikian Partai Golkar dan Aburizal Bakrie memandang sangat perlu bagi partai politik untuk menunjukkan kepada publik inisiatif yang konkret dan nyata untuk menjawab permasalahan yang dialami masyarakat khususnya mereka yang secara ekonomi lemah.

Partai Golkar dibawah kepemimpinan Aburizal Bakrie sejak beberapa tahun terakhir telah mengambil inisiatif tersebut. Inisiatif untuk membangun politik yang peduli dan bertanggung jawab terhadap masalah yang secara nyata dihadapi rakyat. Inisiatif tersebut diwujudkan melalui program "Bersama Bangkitkan Usaha Kecil".

Pada tahap keenam, para pelaku usaha kecil di wilayah Jawa Barat akan mendapatkan peningkatan keterampilan usaha dan insentif pengembangan usaha. Para pengusaha kecil tersebut dinominasikan oleh berbagai kelompok masyarakat, serta diseleksi oleh panitia seleksi independen yang dibentuk oleh GAB.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013