Solo (ANTARA) -
Pemerintah Kota Surakarta membagikan sepeda motor listrik di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk operasional kantor.
 
Penyerahan sepeda motor listrik dilakukan oleh Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa di Kantor Sekretariat Bersama Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Untuk sepeda motor listrik yang diserahkan ke kantor kelurahan dan kecamatan tersebut diproduksi oleh United E Motor yang merupakan produksi Indonesia. Manajer United Jateng dan DIY Ghufron mengatakan seri motor listrik tersebut merupakan seri T1800.
 
Ia mengatakan untuk sepeda motor dinas berbahan bakar listrik tersebut memiliki kecepatan 60-70 km/jam.
 
"Spek seperti motor listrik pada umumnya. Cuma karena United itu berawal dari United sepeda kemudian mengembangkan bisnis di United motor, secara kualitas berbeda dengan kompetitor lain meskipun secara spek sama," katanya.
 
Ia mengatakan motor listrik ini bisa digunakan dalam jarak 60-70 kilometer untuk satu kali pengisian baterai dengan durasi waktu pengisian selama 1,5 jam. Baterai yang digunakan berkapasitas 72 volt 62 ampere.
 
Pada kesempatan tersebut, dikatakannya, komponen tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 70 persen.
 
Sebelumnya, Teguh mengatakan sudah sejak beberapa waktu lalu menggunakan sepeda motor listrik. Meski demikian, selama ini ia tidak pernah menggunakan sepeda motor listrik untuk jarak jauh.
 
"Biasanya hanya untuk berangkat dan pulang kantor. Tapi kan nggak langsung dari rumah dinas ke kantor, biasanya saya muter dulu, ya jaraknya 4-5 km/hari," katanya.
 
Ia juga hanya melakukan pengisian baterai seminggu sekali karena penggunaannya tidak terlalu sering.**

Baca juga: Kementerian ESDM catat 318 peserta daftar konversi motor listrik
Baca juga: SMKN 1 Cempaga konversi sepeda motor listrik dukung program pemerintah
Baca juga: MenKopUKM gandeng pelaku UMKM siapkan bengkel konversi motor listrik
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023