Karlstad, Swedia (ANTARA News) - Juara dunia sembilan kali Sebastien Loeb yang mengendarai Citroen memimpin pada tahapan awal reli Swedia yang berlangsung Kamis, dalam usahanya memecah dominasi Ford dalam perlombaan dunia itu.

Loeb mengakhiri perlombaan hari itu dengan memimpin 0,5 detik atas pereli Rusia Evgeny Novikov dan Jari-Matti Latvala dari Finlandia, juara 2012, pada waktu yang sama.

Loeb selalu tampil frustrasi karena sulit memenangi reli di Swedia dan menang hanya sekali pada 2004, ketika pereli Ford sudah memenangi enam edisi lomba sebelumnya.

Ia memenangi tahapan pembuka Reli Monte Carlo bulan lalu tetapi ketika ia ia mengatakan lomba lain yang akan diikutinya tahun ini hanya di Argentina dan di negaranya di Prancis.

Pereli asal Norwegia Mads Ostberg berada di urutan keempat dengan pautan waktu 0,7 detik di atas Ford bersama pereli Finlandia Mikko Hirvonen di atas Citroen lainnya.

"Lintasan ini bukan favorit saya dan saya amat berhati-hati," kata Hirvonen, yang menang di Swedia pada 2010 dan 2011.

Pereli Prancis Sebastien Ogier, di atas Volkswagen, hari itu hanya berhasil menempati urutan kesembilan dengan waktu 2,5 detik di belakang Loeb.

"Tidak apa-apa karena perlombaan sesungguhnya baru berlangsung besok (Jumat). Rasanya ada sesuatu yang aneh di mobil saya," katanya. (A008/A011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013