Jakarta (ANTARA News) - Sony Mobile hari ini mengumumkan rencananya merilis perangkat lunak pembaruan untuk smartphone seri Xperia.

Pembaruan yang meliputi upgrade sistem operasi Xperia ke Jelly Bean Android 4.1 itu akan sediakan Sony dalam pekan ini.

"Sesuai rencana, minggu ini kita memulai peluncuran perangkat lunak untuk smartphone Xperia batch pertama kami Xperia T dan Xperia V, dengan Xperia TX menyusul bulan depan," kata SOny Mobile dalam pernyataannya di laman resmi perusahaan.

Sony menjanjikan sejumlah perbedaan dan peningkatan fitur-fitur Sony.

Beberapa pembaruan yang ditawarkan dalam software upgrade untuk Xperia itu antara lain versi yang lebih intuitif aplikasi media Sony seperti WALKMAN, Album dan Movies.

Kemudian pilihan pernalisasi yang lebih baik, memungkinkan pengguna mengatur interface layar sesuai keinginan hanya dengan sedikit sentuhan sederhana. Termasuk di dalamnya mengatur widgets, shortcuts aplikasi, atau widgets yang auto-resize.

Peningkatan fungsionalitas kamera, yang di antaranya bisa dengan mudah melakukan switching antara kamera depan dan belakang hanya dengan satu sentuhan.

Juga pembaruan pada fitur Google Now.

Sementara itu, dalam laporan keuangan terbarunya, dalam kuartal ketiga yang berakhir Nopember, Sony mengklaim telah menjual 8,7 juta unit smartphone, turun dibanding kuartal sebelumnya yang mencapai 8,8 juta unit.

Namun, hingga berakhirnya tahun fiskal 2012 pada akhir Februari nanti, Sony memperkirakan bisa menjual 34 juta unit smartphone, naik tajam dibanding tahun fiskal 2011 yang 22,5 juta unit.

Walaupun ditopang penjualan kuat pada sejumlah produk dalam kuartal ketiga 2012, secara akumulasi penjualan produk non smartphone seperti kamera video, kamera digital, dan PC pada tahun buku 2012 diperkirakan turun.

Beberapa waktu lalu, dengan alasan efisiensi dan mendapatkan gain (keuntungan), Sony telah menjual gedung kantor pusat Sony Amerika Serikat.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013