Manado (ANTARA News) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat memberikan penghargaan kepada delapan PWI Cabang terbaik di Indonesia, atas prestasinya dalam upaya secara terus-menerus meningkatkan profesionalisme wartawan selama periode 2011--2012.

Penghargaan yang antara lain berupa piagam itu diserahkan Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat Sofjan Lubis dan Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Tarman Azzam, disaksikan Ketua Umum PWI Pusat Margiono, di Manado, Sulawesi Utara, Kamis petang.

Penyerahan penghargaan itu dilangsungkan usai penutupan Konferensi Kerja Nasional (Konkenas) III PWI Pusat 2013, yang diikuti 33 Pengurus PWI Cabang yang ada di seluruh Indonesia.

Pengumuman delapan PWI Cabang terbaik yang berhak menerima penghargaan itu disampaikan Sekretaris Jenderal PWI Pusat, Hendry CH Bangun.

Kedelapan dari 33 PWI Cabang yang mendapat penghargaan itu masing-masing PWI Cabang Jawa Tengah, Sumatera Barat, Lampung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Jambi, dan Jawa Barat.

Prestasi tersebut antara lain berupa peran aktifnya selama ini dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan guna meningkatkan Kompetensi Wartawan baik melalui Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI), Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Selain itu kegiatan nasional lainnya baik secara kualitas maupun kuantitas pada periode 2011--2012, sehingga pantas menjadi teladan yang lain.

Ketua PWI Cabang Lampung, Supriyadi Alfiyan S Kom didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Cabang Lampung, Iskandar Zulkarnain usai menerima penghargaan mengatakan sangat bangga dan bersyukur, karena jerih payah yang dilakukan oleh keluarga besar pengurus dan anggota PWI Cabang Lampung selama ini telah membuahkan hasil yang membanggakan.

Menurut dia, keberhasilan itu selain membanggakan bagi keluarga besar PWI Cabang dan insan pers di Provinsi Lampung, juga telah turut mengangkat nama harum daerah Lampung "Sai Bumi Ruwa Jurai" di kancah Nasional.

"Kebanggaan ini bukan hanya milik keluarga besar PWI Cabang Lampung, tetapi juga seluruh masyarakat Lampung," kata Supriyadi Alfiyan yang juga Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Harian Bandarlampung News (BLN) itu.

Pada kesempatan itu, baik Supriyadi maupun Iskandar juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak baik keluarga besar PWI maupun pemerintah daerah dan mitra keja PWI Cabang Lampung yang telah banyak turut andil dalam memajukan organisasi PWI, dan khususnya upaya secara terus-menerus meningkatkan profesionalisme Wartawan di Lampung.

PWI Cabang Lampung melalui program pendidikan telah melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebanyak empat angkatan dengan 196 Wartawan, masing-masing pada Oktober 2011, Maret 2012, Oktober 2012, dan Desember 2012.

Selain itu juga telah memiliki Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI), juga telah melaksanakan empat program kegiatan, masing-masing SJI angkatan I September-Oktober 2011 diikuti 35 peserta, lalu SJI angkatan II Oktober 2012 diikuti sebanyak 34 peserta.

Kemudian menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kehumasan bagi Pemprov, Pemkot, Pemkab, BUMN dan BUMD se-Provinsi Lampung pada Juni 2012, serta Diklat Kehumasan bagi para guru SD/SMP/SMA se-Provinsi Lampung pada September 2012.

PWI Cabang Lampung mengirimkan sekitar 30 peserta dan peninjau pada rangkaian puncak peringatan HPN tingkat nasional di Manado, Sulawesi Utara pada 6 sampai dengan 12 Februari 2013.
(M023/M019)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013