Jakarta (ANTARA) - Associate Vice President of Category Development Tokopedia Fransiscus Leo Chandra menyampaikan bahwa penggunaan kendaraan listrik memiliki sejumlah kelebihan di antaranya insentif dan subsidi dari pemerintah untuk pembelian kendaraan.

"Kelebihan mobil dan motor listrik sebagai alternatif kendaraan konvensional salah satunya mendapatkan insentif dan subsidi," kata Leo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Leo menyampaikan, insentif dan subsidi mendorong penggunaan kendaraan listrik karena dianggap lebih ramah lingkungan lewat berbagai kebijakan, termasuk insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen terhadap pembelian mobil listrik. Juga subsidi sebesar Rp7 juta untuk pembelian motor listrik.

Di sisi lain, pemerintah akan menetapkan kebijakan pembebasan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), baik untuk mobil listrik maupun motor listrik, per Januari 2025 mendatang.

Selanjutnya, kendaraan listrik saat ini dibebaskan dari aturan ganjil genap.

Pengisian baterai mobil atau motor listrik juga dapat dilakukan di rumah dengan kapasitas daya listrik tertentu. Umumnya, mobil listrik membutuhkan waktu kurang lebih 8 sampai 10 jam untuk pengisian daya di rumah dan 3 sampai 4 jam untuk pengisian daya di charging station. Sedangkan motor listrik biasanya rata-rata memerlukan waktu 2-3 jam di charging station.

Masyarakat dapat makin mudah menambah daya listrik PLN sesuai kebutuhan karena kini bisa dilakukan secara online.

“Masyarakat, di sisi lain, dapat memanfaatkan promo tambahan untuk mendapatkan diskon transaksi listrik sebesar Rp 500 ribu setelah melakukan pembelian mobil atau motor listrik di Tokopedia,” ujarnya.

Lebih lanjut Leo menyampaikan, Tokopedia sebagai bagian dari Grup GoTo turut mengupayakan misi Nol Emisi Karbon 2030 melalui penjualan kendaraan listrik dengan diskon hingga Rp 10 juta di Tokopedia Garage.

Tokopedia pun menghadirkan Auto Installation Service dimana masyarakat bisa menerima jasa instalasi produk otomotif yang dibeli melalui Tokopedia tanpa biaya tambahan.

Sejumlah pelaku usaha lokal motor listrik juga memberikan berbagai penawaran eksklusif melalui Tokopedia Garage. Misalnya, Gesits menyediakan diskon hingga Rp 1 juta lewat Tokopedia.

Selain itu, Viar memberikan diskon lewat Tokopedia hingga Rp 1,5 juta untuk seri N1 dan N2. Sedangkan Selis menawarkan diskon di Tokopedia hingga Rp 1 juta dan layanan servis gratis.

“Tokopedia akan terus berupaya membantu pelaku usaha otomotif di Indonesia yang merupakan bagian dari sekitar 12 juta penjual di Tokopedia untuk berperan aktif menerapkan prinsip ramah lingkungan demi memberikan dampak positif bagi lingkungan,” pungkasnya.

Baca juga: Penjualan kendaraan listrik naik 2 kali lipat di Tokopedia

Baca juga: Tokopedia ungkap inovasi "embedded finance" ciptakan inklusi keuangan

Baca juga: Tokopedia catat transaksi produk makanan naik tajam di kuartal I 2023
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023