Jakarta (ANTARA) - iOS Apple dinilai selalu lebih cepat untuk menjangkau perangkat, dibandingkan Android yang notabene memiliki berbagai tingkat dan bermacam-macam pabrikan sehingga perlu disesuaikan dengan versi baru.

Mengutip laman GSM Arena pada Jumat (2/6), iOS 16 yang pertama kali dirilis September lalu, telah digunakan di 81 persen iPhone di seluruh dunia.

Namun, jika membatasi penggunaan iOS 16 hanya pada iPhone yang diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir, angkanya tumbuh menjadi 90 persen.

Sebanyak 13 persen dari semua iPhone (dan 8 persen dari yang dirilis dalam empat tahun terakhir) telah menjalankan iOS 15, dan sisanya berjalan di beberapa versi sebelumnya.

Untuk tablet, 71 persen dari semua iPad sudah ada di iPadOS 16, diikuti oleh 20 persen yang menjalankan iPadOS 15.

Untuk iPad yang dirilis dalam empat tahun terakhir, iPadOS 16 mendapatkan 76 persen pangsa pasar lagi diikuti oleh iPadOS 15 dengan 18 persen.

Sebagai perbandingan, angka terbaru dari Google pada bulan April, menunjukkan Android 13 (versi terbaru, diperkenalkan Agustus lalu) baru mencapai 12 persen dari semua perangkat di seluruh dunia.

Baca juga: Apple bawa fitur "voice isolation" pada pembaruan di iOS 16.4

Baca juga: Apple dikabarkan bawa perubahan utama pada pusat kontrol di iOS 17

Baca juga: Android 14 disebut buat fitur "screen recording" lebih ramah privasi


Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023