Jakarta  (Antara News) - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Jazuli Juwaini mengatakan masalah kemiskinan merupakan salah satu sumber utama penyebab munculnya modus penjualan anak balita bermotif ekonomi.

"Kemiskinan itu salah satu sumber utama. Pemerintah pusat maupun daerah secara bersama-sama harus serius mengentaskan kemiskinan, agar rakyat bisa mandiri secara ekonomi, sehingga rakyat tidak mudah terjebak iming-iming penjualan anak bermotif ekonomi," kata Jazuli melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pernyataan Jazuli menyikapi adanya pemberitaan di sejumlah media massa terkait modus baru penjualan anak bermotif ekonomi. Para penjual ditengarai mencari orang tua balita yang miskin, kemudian menawarkan bantuan untuk merawat dan membesarkan anaknya, namun kemudian dijual.

Jazuli mengaku prihatin dengan kejadian penjualan anak balita. Dia mengharapkan para orang tua dapat bersikap hati-hati dan tidak mudah terjebak iming-iming apa pun, meskipun dalam kondisi sulit secara ekonomi.

Dia meminta aparat kepolisian terus menyelidiki secara tuntas eksistensi sindikat penjual anak, serta menindak tegas seluruh pihak yang berkaitan dengan sindikat tersebut.

"Sebenarnya pemerintah menyediakan panti sosial penitipan anak bagi orang tua yang tidak mampu, dan itu ada di bawah Kementerian Sosial dan pemerintah daerah. Namun panti sosial terbatas kemampuannya, makanya harus diselesaikan dari sumber utamanya yaitu kemiskinan," kata Jazuli.

(T.R028/B/Y008/C/Y008)

Pewarta: Oleh Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2013