Upaya pengenalan budaya Papua melalui workshop tari yospan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan tentang seni budaya Papua, yang mana berkaitan dengan pemaknaan gerak dasar, musik dan busana yang digunakan
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Badan Penghubung Daerah setempat menyebutkan akan terus memperkenalkan budaya "Bumi Cenderawasih" itu  kepada para pengunjung yang datang ke anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sehingga masyarakat lebih memahami budaya dan seni Papua.

Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Papua Alexander Kapisa dalam keterangan yang diterima di Jayapura, Kamis, mengatakan kegiatan memperkenalkan budaya Papua ini sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat dari luar daerah.

“Kemarin pada Rabu (31/5) kami memperkenalkan tarian yospan kepada 10 sekolah menengah atas (SMA)  yang ada di Jakarta Timur yang diikuti sebanyak 50 orang peserta,” katanya.

Menurut  dia  workshop mengenai tari yospan merupakan adalah bagian dari rangkaian "Ayo Mengenal Budaya Papua Lebih Dekat" yang menjadi tema besar kegiatan pada Mei 2023.

“Upaya pengenalan budaya Papua melalui workshop tari yospan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan tentang seni budaya Papua, yang mana berkaitan dengan pemaknaan gerak dasar, musik dan busana yang digunakan,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya terus berupaya agar masyarakat bisa memahami budaya dan seni Papua dengan mengajak untuk datang ke anjungan di TMII.

Sebelumnya Badan Penghubung Provinsi Papua melaksanakan lomba dan menulis tentang budaya Papua di mana kegiatan tersebut mulai dari 26-31 Mei 2023 yang bertempat di Anjungan Papua di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), demikian Alexander Kapisa.

Baca juga: Pemprov Papua sebut revitalisasi anjungan di TMII telah selesai

Baca juga: Pemprov Papua revitalisasi anjungan di TMII

Baca juga: Anjungan Papua di TMII Jakarta siap dikunjungi peserta G20

Baca juga: Pemprov lengkapi Anjungan Papua Barat TMII videotron budaya daerah


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023