Kita harus bisa bermain dengan aman...
Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia akan fokus memperkuat lini pertahanan sebelum menjalani pertandingan perdana Pra Piala Asia (PPA) 2015 melawan tuan rumah Irak di Doha Qatar, Rabu (6/2).

Koordinator Timnas Bob Hippy saat dikonfirmasi dari Jakarta, Senin mengatakan, selain memperkuat lini pertahanan, pihaknya mengimbau kepada jajaran pelatih untuk menginstruksikan kepada pemain agar menerapkan pola bermain dengan bola-bola pendek.

"Pertahanan yang kuat dan bisa menahan bola lebih lama akan menguntungkan bagi kita. Jika ada kesempatan langsung dilakukan serangan cepat," katanya.

Penguatan lini pertahanan bagi Timnas Indonesia memang bukan tanpa alasan karena pemain yang dibawa untuk menghadapi tuan rumah Irak ini belum memiliki jam terbang serta kualitas bermain yang tinggi. Hal ini terjadi karena belum berakhirnya polemik persepakbolaan nasional.

Menurut Bob, dengan kondisi pemain yang ada, pihaknya tidak memberikan target muluk-muluk kepada anak asuh Nil Maizar itu. Namun demikian, pihaknya tetap berharap kepada pemain untuk tetap bermain dengan maksimal.

"Kita harus bisa bermain dengan aman dan harus menggunakan pola permainan yang sesuai dengan kemampuan pemain. Salah satunya dengan mamaksimalkan serangang dari sayap," kata mantan pemain timnas era 1960-an itu.

Untuk menghadapi Timnas Irak, Indonesia hanya diperkuat pemain-pemain yang selama ini turun di kompetisi Indonesia Premier League (IPL). Kondisi ini dinilai belum maksimal karena banyak pemain dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) yang absen karena dilarang oleh klubnya.

Pada lini belakang, Nil Maizar tetap mengandalkan pemain yang turun di Piala AFF 2012 lalu di antaranya Wahyu Wijiasnanto, Novan Setya, Nopendi, Hamdi Ramdan dan Raphael Maitimo. Pemain ini didukung oleh pemain muda seperti Agus Nova Wiantara, Syaiful Indra Cahya dan Ketut Mahendra.

Untuk pemain tengah yang dihadapkan menjadi ujung tombak menerobos pertahanan Irak, Nil Maizar kemungkinan besar akan mengandalkan kecepatan Andik Vermansah, Hendra Adi Bayauw dan Oktovianus Maniani. Mereka akan dimanjakan dengan umpan Rasyid dan Taufiq.

Sedangkan di lini depan Timnas Garuda hanya memiliki tiga pemain saja yaitu Mario Aibekop, Agung Supriyanto, Irfan Haarys Bachdim. Untuk menjaga pertahanan terakhir atau gawang, ada tiga pemain yang cukup berpengalaman yaitu Deny Marcell, Wahyu Tri Nugroho, Endra Prasetya.

Setelah menghadapi tuan rumah Irak, Indonesia yang berada di Grup C ini akan menghadapi Arab Saudi di Indonesia, 22 Maret yang akan datang. Selanjutnya tandang ke China 15 Oktober, menjamu China 15 November, menjamu Irak 19 November dan pertandingan terakhir tandang ke Arab Saudi 5 Maret 2014.

(B016)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013