Jakarta (ANTARA) - Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) Indonesia menggelar kegiatan penanaman bibit pohon Nangka dan Jambu di Kota Batu, Jawa Timur dalam rangka mendukung upaya dunia untuk mengatasi perubahan iklim akibat pemanasan global.

“Pohon dan hutan memegang peranan penting dalam menyerap gas rumah kaca dari atmosfer. Kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi aktif sebuah komunitas atau klub otomotif," kata Plt. Ketua Umum X-MOC Indonesia Dody Cahyadi dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu. 

Merujuk pada “The Special Report on Global Warming of 1.5 °C (SR15)” yang ditetapkan oleh Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) pada tahun 2018 menyatakan bahwa dampak dari kenaikan temperatur bumi di atas 1,5 derajat Celsius secara global akan sangat merugikan ekosistem dan kehidupan manusia.

Adapun laporan tersebut didukung oleh 6.000 data sains yang ditulis oleh 91 ahli dari 40 negara.

Baca juga: Komunitas id42ner siap gelar Jamnas ke-3 di Palembang

Menurut dia, dengan penanaman pohon dan pemulihan hutan kembali, X-MOC berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif dalam usaha mengatasi pemanasan global.

Aksi peduli lingkungan ini dilaksanakan dalam rangkaian acara Anniversary ke-5 dan Halal Bihahal Pengurus Daerah Jawa Timur pada Kamis (19/5) lalu.

Kegiatan ini dihadiri berbagai unsur X-MOC seperti Pengurus Nasional, Pengurus Daerah Jawa Timur dan Pengurus Chapter Malang sebagai tuan rumah, serta dihadiri oleh perwakilan Pengurus Daerah Kalimantan Timur, serta sejumlah anggota undangan dari berbagai daerah.

"Aksi nyata peduli lingkungan ini menunjukkan eksistensi X-MOC dalam memberikan manfaat positif bagi masyarakat luas dan menjadi sebuah pengingat jika nanti ada member yang berkesempatan berkunjung ke Kota Batu, Malang," ujar Wakil Ketua Pengurus Daerah Jawa Timur Dedi Kurnia Martadiredja.

Baca juga: Viral konvoi komunitas mobil, SDCI soroti etika mengemudi di jalan tol

X-MOC Indonesia telah resmi sebagai badan hukum (Perkumpulan) sesuai dengan SK Kemenkumham No. AHU-0001821.AH.01.07.TAHUN 2018.

Di tahun 2021, X-MOC juga telah resmi sebagai Asosiasi Ikatan Motor Indonesia (IMI) sesuai Certificate of Association No. 0006/IMI/11/AW-B/2021.

Tidak hanya itu, beberapa Pengurus Daerah (Pengda) X-MOC juga telah terdaftar resmi di IMI Provinsi DKI Jakarta, IMI Provinsi Kepulauan Riau, IMI Provinsi Gorontalo, IMI Provinsi Kalimantan Timur, dan IMI Provinsi Riau.

Berdiri sejak September 2017, X-MOC aktif dalam berkegiatan yang berorientasi untuk mendatangkan manfaat bagi anggota maupun masyarakat Indonesia pada umumnya.

Baca juga: Bantu gerakkan ekonomi, X-MOC Indonesia gelar Rakernas di Solo
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023