Untuk merawat kilang usia tua itu tidak gampang, namun memang kita harapkan terus lebih baik.
Palembang (ANTARA) - Direktur Keuangan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Fransetya Hasudungan Hutabarat mengapresiasi kinerja positif yang ditunjukkan manajemen Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) hingga menjelang pertengahan 2023.

”Kami menyadari, untuk merawat kilang usia tua itu tidak gampang, namun memang kita harapkan terus lebih baik,” kata Fransetya dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Palembang, Jumat.

Kilang Plaju didirikan sejak 1904 oleh perusahaan Shell dari Belanda, dan kilang Sungai Gerong dibangun pada 1926 oleh Stanvac dari Amerika Serikat.

Menurut dia, kinerja positif Kilang Pertamina Plaju juga ditunjukkan dengan menjadi salah satu penyumbang net income terbesar untuk PT KPI Year to Date (YTD) April 2023.

“Kami bisa cetak profit untuk PT KPI di April 2023 ini tidak lepas dari kerja keras para pekerja, dan salah satu penyumbang net income terbesar dari RU III Plaju, terima kasih karena sudah berpartisipasi meningkatkan angka Yield-nya,” ujarnya lagi.

Salah satu indikator kinerja keuangan di kilang ditunjukkan dengan "yield valuable product" atau imbal hasil produk yang berada di atas target. Menurutnya, dalam tiga tahun terakhir, yield menjadi indikator penting yang dikejar setiap unit.

“Satu persen peningkatan hitung-hitungan yield valuable product, identik dengan keuntungan 300 juta dolar AS, jadi ini yang perlu kita kejar bersama,” katanya pula.

Fransetya menekankan pentingnya visibilitas dan "business acumen" atau "sense of business" yang kuat dari manajemen dan seluruh pekerja Kilang Pertamina Plaju guna menghadapi tantangan bisnis global.

“Kita perlu mencermati produk apa yang harus dijual bulan ini, dan di bulan-bulan berikutnya, apa pun yang kita lakukan harus berdampak positif untuk pertumbuhan perusahaan,” kata dia.

Ia juga berpesan agar hubungan harmonis perusahaan dengan para stakeholder pemerintahan maupun masyarakat sekitar selalu dijaga dengan baik.

“Mohon hubungan dengan para stakeholder selalu dijaga sebaik-baiknya,” katanya menambahkan.
Baca juga: Kilang Pertamina Plaju salurkan 1,1 juta barel BBM selama Lebaran 2023
Baca juga: Pekerja kilang Pertamina Plaju raih penghargaan emas di ITEX Malaysia

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023