Jakarta (ANTARA) - Berkemah menggunakan sepeda motor kini memang sedang digandrungi banyak kalangan karena dinilai lebih praktis dan dapat menembus jalur yang tidak bisa dilintasi oleh mobil.

Meski begitu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika para pemotor hendak menggunakan motor saat berkemah. Tidak hanya memperhatikan performa sepeda motornya saja, tetapi, juga perlu memperhatikan peralatan dan perlengkapan agar pengalaman berkemah menjadi lebih menyenangkan.

2W Sales & Marketing Department Head PT Suzuki Indomobil Sales Teuku Agha dalam keterangan resmi, Jumat, membagikan beberapa tips yang dapat dipraktikkan agar memudahkan para pemotor yang hendak berkemah.

Baca juga: Presiden Jokowi bersama Ibu Negara siap berkemah di Ibu Kota Nusantara

Para pengendara diminta untuk tidak membawa barang berlebihan. Berkemaslah seringkas mungkin karena bawaan tersebut akan disimpan dan dibawa menggunakan sepeda motor.

Beberapa perlengkapan berkemah yang akan diperlukan seperti tenda, terpal, kompor, sleeping bag alias kantong tidur, alas tidur, peralatan makan, dan lampu LED.

Pemotor juga diharapkan untuk membawa peralatan yang dapat memberikan kenyamanan pada saat sampai di lokasi. Untuk menikmati waktu saat berkemah, pengendara disarankan untuk membawa barang seperti kursi lipat, pisau lipat, kompor kayu, panci, dan lampu lentera, barang-barang yang memang dibutuhkan saat berkemah.

Berkemah dengan menggunakan motor, para pemotor diharapkan untuk bisa mencari tempat yang aman dan nyaman. Pilihlah lokasi mendirikan tenda yang permukaan tanahnya datar dan dikelilingi pohon untuk melindungi dari terpaan angin.

Yang terakhir adalah membawa bahan masakan dari rumah sehingga tidak perlu mencari-cari bahan masakan di lokasi berkemah. Membawa mie instan, makanan kaleng atau makanan lainnya sesuai dengan selera dan kebutuhan menjadi pilihan yang praktis untuk berkemah.

Baca juga: PT SIS resmi pasarkan V-STROM 250SX dengan harga Rp59 juta

Baca juga: IIOutfest 2022 buktikan industri outdoor masih eksis

Baca juga: VW bawa Tiguan Allspace edisi sport dan camping di GIIAS
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023