Mereka kini menjalani pelatnas di Jakarta sejak awal Januari 2013,"
Semarang (ANTARA News) - Sebanyak empat atlet jalan cepat Indonesia bakal tampil pada kejuaraan atletik Jepang Terbuka, pertengahan Maret 2013.

Pelatih pelatnas jalan cepat Niki Patriasina ketika dihubungi di sela-sela memantau latihan atlet di Cepu Kabupaten Blora, Jateng, Selasa, mengatakan, kejuaraan atletik di Jepang ini khusus untuk nomor jalan cepat (20 kilometer) saja.

Menurut dia, mereka terdiri dari dua putra dan dua putri, yaitu Reza Wijayanti (Jateng), Inayati (Jatim), Hendro (Jabar), dan Kristian L Tobing (Riau). "Mereka kini menjalani pelatnas di Jakarta sejak awal Januari 2013," katanya.

Inayati adalah peraih medali perak PON 2012 jalan cepat putri 20 kilometer putri dengan catatan waktu satu jam 46 menit 38 detik (emas juga direbut atlet Jatim Darwati). Hendro adalah peraih emas PON 2012 (catatan waktu satu jam 29 menit 35 detik).

Sementara itu Kristian L Tobing adalah peraih medali perak PON 2012 dengan catatan waktu satu jam 33 menit 40 detik).

Ketika ditanya soal target keempat atlet jalan cepat di Jepang Terbuka mendatang, dia mengatakan, tidak ada target khusus bagi mereka.

"Kita hanya berpartisipasi pada kejuaraan jalan cepat di Jepang yang digelar setiap tahun tersebut karena sasaran utama kita adalah pada SEA Games 2013 Myanmar," katanya.

Menyinggung apakah keempat atlet jalan cepat itu sudah pasti masuk pelatnas untuk dipersiapkan tampil pada pesta olahraga multievent antarnegara Asia Tenggara di Myanmar mendatang, dia mengatakan, tidak semua tetapi hanya tiga atlet saja.

Mereka, kata dia, adalah Inayati, Hendro, dan Kristian L Tobing. "Kalau untuk Reza Wijayanti belum. Tetapi sementara itu mereka menjalani pelatnas hanya untuk persiapan tampil di Jepang Terbuka," katanya.

Sementara itu Ketua Komisi Pembinaan dan Prestasi Pengprov PASI Jateng Heri Setiyono mengatakan, terpilihnya Reza Wijayanti mewakili Indonesia di Jepang tentunya merupakan prestasi dan kebanggaan tersendiri bagi Jateng.

"Kami berharap Reza bisa menunjukkan kualitasnya dan akhirnya bisa masuk pelatnas untuk SEA Games mendatang," kata Heri yang juga Ketua Harian Pengcab PASI Kabupaten Blora.

(H015/I014)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013