Meski belum diketahui berapa besaran investasinya, penanam modal asing itu adalah investor yang kini sedang mengembangkan pabrik TI Foxcon di Banten.
Surabaya (ANTARA News) - Investor asal Taiwan sangat berminat membangun salah satu pabrik teknologi informasi (TI) di Jawa Timur.

"Meski belum diketahui berapa besaran investasinya, penanam modal asing itu adalah investor yang kini sedang mengembangkan pabrik TI Foxcon di Banten," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Budi Setiawan, di Surabaya, Senin.

Ia menjelaskan, hingga sekarang, pihaknya belum mengetahui secara resmi wilayah yang akan dijadikan sebagai lokasi pembangunan pabrik.

"Lokasi paling strategis untuk membangun pabrik tersebut berada di Surabaya. Biasanya kalangan investor meminta kami mencarikan lokasi yang aksesnya dekat dengan bandar udara internasional," tambah Budi.

Ia berharap pembangunan pabrik TI di Jatim oleh investor tersebut bisa terealisasi secepatnya. Keinginan investor Taiwan telah dilaporkan kepada Gubernur Jatim, Soekarwo.

Sementara Ketua Komite Tetap Pengendalian Impor Kamar Dagang dan Industri Jatim, Judy Purwoko menilai, rencana pembangunan pabrik TI di Jatim memberi angin positif bagi masyarakat terutama pengguna produk TI.

"Dengan pembangunan pabrik TI asal Taiwan di Jatim, konsumen kian mudah mendapatkan barang yang diinginkan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pembangunan pabrik TI tersebut juga mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat lokal khususnya mereka yang mempunyai kompetensi di bidang TI.

"Pada masa mendatang, rencana itu dapat membantu Jatim dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sejumlah tenaga kerja menjadi lebih profesional dan sesuai dengan standar internasional," katanya.

(S004)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013