Jakarta (ANTARA) - Penyelenggaraan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 mengangkat tema besar "Future Now" yang menjadi representasi dari masa depan industri otomotif Indonesia yang mulai bergerak ke ranah elektrifikasi.

"Gaikindo terus mendukung percepatan industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang diusung pemerintah. Kami yakin edukasi dan informasi konstan dari GIIAS untuk masyarakat, industri KBLBB akan lebih cepat tercapai," kata Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, industri otomotif Indonesia saat ini sudah pulih dan telah mencatat pencapaian yang bahkan lebih baik dari sebelum masa pandemi dan pelaksanaan GIIAS selalu menjadi pameran yang mencerminkan pencapaian terbaik dari industri otomotif Indonesia.

Menjadi benchmark teknologi dan produk otomotif di Indonesia, kali ini GIIAS akan menghadirkan lebih banyak model kendaraan dari merek kendaraan penumpang, komersial, dan juga karoseri, yang menggunakan area pamer yang lebih luas dari penyelenggaraan sebelumnya.

"Tahun ini GIIAS akan hadir secara komprehensif, dalam arti mencakup merek yang lebih banyak dan lebih lengkap, sehingga bisa dipastikan akan lebih banyak model dan teknologi baru yang akan diperkenalkan pada GIIAS, buat industri ini menjadi sinyal yang sangat positif," ujar Nangoi.

GIIAS juga telah menjadi kebanggaan untuk Gaikindo, yang dalam kurun waktu delapan tahun ke belakang, pameran ini menjadi tempat peluncuran bagi lebih dari 250 perkenalan produk kendaraan dan sembilan diantaranya adalah kendaraan world premiere.

Baca juga: Gaikindo sebut penjualan kendaraan menurun pada bulan Ramadhan

Pameran ini juga sudah memperkenalkan sebanyak 60 mobil konsep yang menggunakan teknologi masa depan. Dengan begitu, Indonesia bisa disebut sebagai negara yang penting untuk industri otomotif dunia.

Selama ini, pameran otomotif internasional ini selalu menghadirkan merek-merek kelas dunia, serta menjadi pilihan merek otomotif baru untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat Indonesia.

Pada tahun ini, pameran GIIAS 2023 akan diikuti lebih dari 30 merek ternama seperti Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mercedez-Bens, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Subaru, Suzuki, Tank, Toyota, VW, Wuling.

Untuk segmen kendaraan komersial akan dihadiri oleh Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, dan UD Trucks. Tiga merek Karoseri juga hadir pada GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem.

Sebanyak 14 APM dari segmen roda dua juga akan hadir di GIIAS 2023 seperti Astra Honda Motor, Aprilia, Benelli, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio.

Lalu ada juga Polytron, Royal Enfield, Segway, Vespa. Lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung juga telah memastikan siap berpartisipasi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023 The Series.

Baca juga: Citroen ingin bawa produk baru di GIIAS 2023 nanti

Baca juga: GIIAS 2023 tambahkan Bandung sebagai lokasi agenda rutin di 2023

Baca juga: Chery janjikan bawa kendaraan ramah lingkungan di pameran GIIAS 2023
Pewarta:
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023