Jakarta (ANTARA) - Pebalap World Superbike Championship (WSBK) Toprak Razgatlioglu resmi pindah dari tim Pata Yamaha motor Yamaha YZF R1 menuju tim Rokit BMW Motorrad dengan motor M1000RR untuk mulai musim 2024 nanti, demikian dilansir dari lama resmi WSBK, Senin.

Kepastian ini sekaligus menepis kabar yang menyebutkan Razgatlioglu akan pindah ke MotoGP bersama Monster Energy Yamaha pada musim depan.

BMW sendiri akan menjadi pabrikan ketiga Razgatlioglu setelah sebelumnya sempat membela Kawasaki dan Yamaha.

Dengan bergabung ke BMW pada musim depan, maka pebalap asal Turki itu resmi menghabiskan empat musim bersama Yamaha.

Sejak menjalani debut di WSBK pada 2018 bersama Turkish Puccetti Kawasaki, Razgatlioglu telah memenangkan 33 balapan dan total 93 podium yang ia peroleh selama karier di WSBK.

Ia juga tercatat merengkuh gelar WSBK pada musim 2021 dengan koleksi 564 poin, unggul 13 poin dari pebalap asal Inggris dari tim Kawasaki Racing Jonathan Rea yang pada musim itu ada di posisi runner-up.

Gelar ini sekaligus mematahkan dominasi enam musim berturut-turut WSBK yang sebelumnya selalu dijuarai oleh pebalap asal Inggris tersebut. Pebalap kelahiran 16 Oktober 1996 itu memastikan gelar juara dunia setelah finish di posisi kedua di balapan race 1 Sirkuit Mandalika, Indonesia pada November 2021.

Kepala BMW Motorrad Markus Schramm menilai Razgatlioglu adalah pebalap terbaik saat ini dan mempunyai pribadi yang juga baik di luar lintasan. Schramn pun antusias dengan kedatangan Razgatlioglu dan yakin pebalap asal Turki itu mampu beradaptasi dengan cepat bersama tim.

“Toprak tidak diragukan lagi adalah salah satu pebalap terbaik di lapangan saat ini, yang tidak hanya dibuktikannya dengan memenangkan gelar Kejuaraan Dunia 2021,” kata Schramn.

“Tapi dia bukan hanya pebalap motor yang cepat, dia juga memiliki kepribadian yang hebat di luar lintasan. Kami yakin Toprak akan segera beradaptasi dengan keluarga BMW Motorrad Motorsport. Kami menantikan kolaborasi kami dan masa depan kami bersama,” tambahnya.

Sambutan dan antusiasme tak hanya diutarakan Schramn, tapi juga Marc Bongers yang menjabat sebagai Direktur BMW Motorrad Motorsport.

“Selamat datang di keluarga BMW Motorrad Motorsport, Toprak Razgatlioglu. Kami dengan senang hati menyambutnya ke skuat pabrik WorldSBK kami mulai musim depan,” kata Bongers.

“Saya sangat bangga Toprak memilih bergabung dengan BMW Motorrad. Ini adalah langkah ke depan untuk proyek kami dan komitmen kuat dari BMW Motorrad Motorsport di World Superbike,” lanjutnya.

Di musim ini, dari empat seri yang sudah digelar yaitu Phillip Island Grand Prix Circuit (Australia), Pertamina Mandalika International Street Circuit, TT Assen Circuit (Belanda), dan Circuit de Barcelona (Spanyol), Razgatlioglu berada di posisi kedua klasemen sementara dengan 167 poin, selisih 69 poin dari pebalap asal Spanyol tim Aruba.IT Racing Ducati Alvaro Bautista yang mengoleksi 236 poin di posisi teratas.

Baca juga: Bautista perpanjang kontrak dengan Ducati untuk WSBK
Baca juga: Lecuona merasa gugup kembali ke MotoGP
Baca juga: Locatelli masih berusaha raih kemenangan pertama di WSBK


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023