Mataram (ANTARA News) - Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla (JK) bersama Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin, Sabtu pagi, bertolak ke Sumbawa untuk meninjau lokasi kerusuhan di Kota Sumbawa Besar dan berupaya mendamaikan warga yang terlibat bentrokan.

Ikut dalam rombongan mantan Wakil Presiden RI itu antara lain, Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat Sang Nyoman Suwisma, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat H Badrul Munir, Ketua PMI NTB H Mesir Suryadi serta sejumlah pejabat kepolisian daerah.

JK dijadwalkan akan berdialog dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pejabat pemerintah kabupaten di Kota Sumbawa Besar.

Kerusuhan di Kota Sumbawa Besar terjadi Selasa (22/1) siang ketika ratusan orang melakukan tindakan perusakan dan pembakaran rumah, hotel, toko, bangunan lain dan kendaraan bermotor, menyusul merebaknya isu bernuansa ras, suku, agama, antargolongan (SARA) terkait meninggalnya Arniati (30) yang saat itu diketahui sedang berboncengan sepeda motor dengan kekasihnya seorang anggota polisi Brigadir I Gede Eka Swarjana (31).

(M025) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013