Jakarta (ANTARA News) - Banjir besar yang melanda Jakarta pekan kemarin membuat sebagian besar mobil-mobil rusak dan mogok.

Hal itu menyebabkan sebagian besar pemilik mobil melakukan klaim asuransi untuk memperbaiki mobilnya tersebut.

Marketing Communication & Public Relations Head Asuransi Astra Buana (Garda Oto) Laurentius Iwan Pranoto mengatakan saat ini perusahaan telah menerima klaim sebanyak 180 unit mobil dengan kerusakan yang paling banyak adalah mesin terendam.

Angka klaim itu masih kalah banyak dibanding banjir besar pada 2007 yang mencapai ribuan.

"Hingga saat ini klaim yang masuk masih 180 unit sedangkan klaim banjir 2007 mencapai ribuan," katanya kepada ANTARA News pada Kamis (24/1).

Laurentius menjelaskan angka klaim 180 unit itu bersifat sementara karena musim hujan masin belum berakhir sehingga masih banyak kemungkinan yang dapat terjadi.

Garda Oto belum menghitung jumlah nilai klaim yang masuk karena masing-masing mobil memiliki tingkat kerusakan yang berbeda-beda.

Total nilai klaim asuransi perusahaan asuransi Astra secara keseluruhan pada banjir 2007 mencapai Rp. 70 miliar termasuk mobil dan motor.

"Nilai klaimnya kami belum memiliki karena setiap pelanggan memiliki nilai klaim yang berbeda-beda," katanya

Business Support Deputy Division Head PT. Asuransi Adira Ernita Sari mengatakan, "Perusahaan telah menerima pengajuan klaim sebanyak 75 unit mobil dan permintaan evakuasi sebanyak 47 unit mobil."

 (adm)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013