Jakarta (ANTARA News) - Foto berita berjudul "Evakuasi Orangutan Terbakar" oleh Jessica Helena Wuysang memenangkan penghargaan Anugerah Adinegoro 2012 kategori Jurnalistik Foto.

Karya jurnalistik foto dari pewarta foto ANTARA itu menggambarkan seekor orangutan yang terkapar di tanah dengan luka bakar di sekujur tubuhnya.

Orangutan itu terbakar akibat pengusiran warga sekitar yang dilakukan dengan cara membakar pohon hunian satwa itu.

Foto "Evakuasi Orangutan Terbakar", seperti disebut dalam siaran pers Panitia Pusat Hari Pers Nasional, mendapat nilai tertinggi atau 271 dari 190 karya foto jurnalistik oleh para dewan juri.

Para juri Anugerah Adinegoro yaitu Firman Ichsan (Pimpinan Pengurus Harian Dewan Kesenian Jakarta), Oscar Matuloh (Kurator Galeri Foto Jurnalistik Antara), dan Enny Nuraheni (Reuters).

Firman menilai karya Jessica mempunyai komposisi yang mendekatkan obyek foto karena memperlihatkan manusia selalu mendahulukan kepentingannya dan mengabaikan pihak yang lemah.

"Foto ini menegaskan telah terjadi 'pembersihan' hutan yang dapat mengancam kerusakan alam seperti banjir, kerusakan tanah, dan untuk kepentingan bisnis semata," kata Enny Nuraheni.

Sementara, Oscar Matuloh menyebut fungsi foto jurnalistik sebagai sarana dan bukan sebagai tujuan akhir.

Selain foto "Evakuasi Orangutan Terbakar", terdapat lima karya foto yang juga menjadi pilihan juri yaitu foto "Kemenpera Beri Santuan Warga Korban Bentrokan Lampung" oleh Dwi Narwoko (MERDEKA.COM), "Evakuasi Korban" oleh Irsan Mulyadi (ANTARA FOTO),

Kemudian foto "Menopang di Benen" oleh Andri Mardiansyah (PADANG-TODAY.COM), "Bentrok Demo BBM" oleh Dhoni Setiawan (LKBN ANTARA), dan "Antre Makan" oleh Dadang Kusuma Wira Saputra (KORAN JAKARTA).

Dewan juri menilai karya peserta dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan kualitas meski tidak semua foto jurnalistik yang terpublikasi masuk dalam ajang pemilihan Adinegoro ini.

(I026)

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013