Saya tak bisa menguasai keadaan, tak bisa keluar dari tekanan."
Jakarta (ANTARA News) - Sony Dwi Kuncoro menjadi satu-satunya tunggal putra Indonesia yang berhasil melenggang ke babak perempatfinal Malaysia Terbuka setelah menumbangkan lawannya asal China, Huan Gao, di lapangan lima Putra Stadium, Bukit Jalil, Kamis.

Lewat kemenangan ini, Sony, peringkat lima dunia, yang menyingkirkan Huan dengan skor 21-15, 21-16 telah dua kali mengalahkan pemain peringkat 40 dunia itu setelah di Indonesia Terbuka tahun lalu.

Perwakilan tunggal putra Indonesia lainnya, Alamsyah Yunus dan Tommy Sugiarto, telah lebih dulu angkat koper di putaran pertama sementara Taufik Hidayat gagal menembus perempatfinal setelah mengundurkan diri akibat cedera pinggangnya kambuh.

Sony pun menjadi harapan satu-satunya tunggal putra untuk terus menembus ke final. Pada babak perempatfinal Jumat (18/1) besok, Sony ditantang oleh unggulan keempat asal Korea, Sho Sasaki, yang diputaran pertama menggagalkan langkah Tommy untuk menang.

Sementara pada nomor tunggal putri, Indonesia lagi-lagi kehabisan perwakilan setelah Linda Wenifanetri, harus memberi kemenangan kepada pemain Jepang, Nozomi Okuhara, yang merupakan Juara Dunia Junior 2012. Sebagaimana dikutip adari situs resmi PBSI, Linda yang diatas kertas peringkatnya lebih tinggi dari Nozomi disingkirkan lewat skor 13-21, 13-21 karena mengaku tampil kurang maksimal.

“Saya tak bisa menguasai keadaan, tak bisa keluar dari tekanan. Selain itu saya banyak buang poin dari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu” kata Linda.

Menyusul kekalahan Linda, Adrianti Firdasari pun tak mampu menghalau unggulan ketujuh asal Jepang, Minatsu Mitani. Pada pertemuan pertama mereka, Firdasari dikalahkan petenis peringkat sepuluh dunia itu dengan skor 19-21, 15-21.

Sedangkan di nomor ganda putra, Indonesia memiliki harapan pada pasangan Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan yang berhasil melaju ke perempatfinal setelah mengalahkan rekannya sendiri, Angga Pratama-Ryan Agung Saputra dengan skor 21-15, 21-10.

Pemain Indonesia, Vita Marissa, berjaya baik di nomor ganda putri maupun ganda campuran. Dari dua nomor yang ia mainkan, Vita bersama rekannya Aprilsasi Putri Lejarsar Variella di ganda putri dan duetnya dengan Praveen Jordan, pada ganda campuran melangkah ke perempatfinal.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013