pemerintah daerah tidak terlibat sama sekali
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sama sekali tidak terlibat dalam penyelenggaraan Formula E Jakarta 2023.

“Jadi, pemerintah daerah tidak terlibat sama sekali,” kata Joko di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis.

Selain itu, Joko mengatakan bahwa tahun ini tidak ada biaya komitmen (commitment fee) penyelenggaraan Formula E 2023 yang harus dibayarkan oleh Pemprov DKI sehingga pemerintah daerah sama sekali tidak mengeluarkan uang untuk acara internasional tersebut.
 
"Sekarang sudah tidak ada 'commitment fee' lagi. Itu di era sebelumnya. Pemerintah daerah tidak mengeluarkan biaya sedikit pun untuk pelaksanaan Formula E yang sekarang,” ungkap Joko.
 
Adapun balap mobil listrik tersebut merupakan program dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dengan skema bisnis ke bisnis (business to business/B2B).

Baca juga: Lintasan Formula E Jakarta hampir tanpa perbaikan untuk E-Prix 2023

Pemprov DKI Jakarta, kata Joko juga menyerahkan sepenuhnya urusan pencarian sponsor kepada Jakpro selaku pihak penyelenggara Formula E tahun ini.

Sebelumnya, panitia penyelenggara Formula E Jakarta 2023 menyiapkan bus wara-wiri untuk menghadapi kepadatan pengunjung Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, saat libur panjang (long weekend).

Libur berlangsung pada Hari Lahir Pancasila (1 Juni) dan Hari Raya Waisak (2 Juni) pada Sabtu (3/6) dan Minggu (4/6).

Direktur Proyek Formula E Jakarta 2023 Ivan Permana dalam sesi kunjungan awak media ke Sirkuit Internasional Formula E Jakarta di Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa, mengatakan, pihaknya bersama manajemen Taman Impian Jaya Ancol, menyiapkan bus untuk mengangkut penonton Formula E Jakarta 2023.
 
Bus itu untuk mengangkut penonton yang membawa kendaraan pribadi dari tempat parkir di Lapangan Parkir Benyamin Suaeb, Kemayoran, menuju kawasan Bundaran Bende, Ancol, yang berjarak sekitar 500 meter dari arena menonton balapan di kawasan Mal Ancol Beach City.

Baca juga: FEO incar Sudirman jadi sirkuit dalam rangka Keketuaan ASEAN 2023

"Jadi, dari titik penurunan (drop off) penonton di Lapangan Parkir Benyamin Suaeb ini nanti diantar naik bus ke arah Bende yang ada (monumen) Gong. Setelah di Bende, kemudian berjalan ke area sirkuit," ujar Ivan.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023