Jakarta (ANTARA News) - Gerakan Pemuda Nasional Demokrat (GP NasDem) secara resmi menegaskan berafiliasi politik dengan Partai NasDem.

"Garda Pemuda NasDem menyatakan berafiliasi politik dengan Partai NasDem untuk mengawal gerakan perubahan dengan mengantarkan Partai NasDem memenangkan Partai NasDem dalam Pemilu 2014," kata Ketua Umum Garda Pemuda NasDem, Martin Manurung, usai Rapimnas GP NasDem di Jakarta, Rabu.

Martin mengatakan, Rapimnas GP NasDem telah menghasilkan tiga point kesepakatan yang diambil secara demokratis. Selain menyatakan sikap resmi berafiliasi politik dengan Partai NasDem, GP NasDem juga meminta Ketua Majelis Nasional Partai NasDem untuk memimpin langsung Partai NasDem dalam mengawal cita-cita restorasi serta memenangkan Partai NasDem di pemilu mendatang.

"Jelas, beliau diminta memimpin langsung, kita mendukung Pak Surya Paloh menjadi Ketua Umum Partai NasDem," katanya.

Rapimnas GP NasDem, lanjut Martin, juga membahas soal pemecatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) GP NasDem Saiful Haq dan pembekuan DPW DKI Jakarta.

Sesuai aturan organisasi, katanya, Saiful Haq juga telah diberikan kesempatan untuk mengajukan pembelaan atau klarifikasi di depan seluruh peserta Rapimnas. Namun seluruh peserta Rapimnas telah memutuskan untuk menyerahkan penyelesaian kasus itu sepenuhnya kepada pimpinan pusat ormas NasDem.

"Seluruh peserta Rapimnas sepakat membawa keputusan DPP GP NasDem perihal pemberhentian Saiful Haq dan pembekuan DPW GP NasDem DKI Jakarta kepada pengurus pusat Ormas NasDem," katanya.

Peserta Rapimnas, tambah Martin Manurung, juga menyayangkan tindakan kekerasan yang dilakukan Saiful Haq bersama para pendukungnya saat Rapimnas berlangsung.

Mulai dari tindakan para pendukungnya yang memaksa masuk ke ruang sidang, kekerasan fisik berupa pelemparan palu sidang kepada pimpinan sidang, hingga tindakan menutup paksa pintu ruang rapat dari dalam dan luar ruangan yang disertai ancaman fisik.

"Kami jelas menolak tindakan kekerasan oleh pihak-pihak yang jelas hendak menciderai azas demokrasi. Tindakan itu telah menafikan logika berorganisasi yang elegan dan santun dalam alam demokrasi," ujarnya.

Rapimnas GP NasDem diikuti 29 perwakilan wilayah (DPW), termasuk DPW GP NasDem Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, hingga DPW GP NasDem Papua.

(Zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013