Kami tetap melakukan verifikasi untuk klub ini karena klub harus menyesuaikan dengan aturan-aturan yang ada,"
Jakarta (ANTARA News) - Klub peserta kompetisi Indonesia Super League (ISL) tidak melakukan registrasi ke PSSI meski sebelumnya telah diberikan kesempatan untuk kembali dibawah kendali PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin.

Ketua Komite Kompetisi PSSI Sihar Sitorus di Jakarta, Kamis, mengatakan dengan tidak melakukan registrasi, maka klub ISL tidak bisa bergabung dengan kompetisi resmi PSSI yaitu Indonesia Premier League (IPL).

"Bagaimana lagi. Kami telah memberikan kesempatan tapi tidak ada respon hingga batas waktu yang telah ditetapkan yaitu 9 Januari," katanya setelah bertemu dengan Plt Presiden AFC Zhang Jilong di Kantor KOI di Senayan, Jakarta.

Menurut dia, dengan tidak adanya klub ISL yang melakukan registrasi maka kompetisi IPL musim ini akan berjalan sesuai dengan rencana awal yaitu hanya diikuti 16 klub yang terdiri 11 klub lama dan lima klub baru atau promosi.

Klub lama yang akan menjadi peserta kompetisi IPL di antaranya Semen Padang, Persebaya, Persibo Bojonegoro, Persema Malang, Persijap Jepang dan Persiba Bantul. Sedangkan klub promosi di antaranya Pro Duta.

"Kami tetap melakukan verifikasi untuk klub ini karena klub harus menyesuaikan dengan aturan-aturan yang ada," katanya menambahkan.

Sebelumnya pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI itu menegaskan, jika ada klub-klub yang mash bermasalah akan dicoret dari keikutsertaannya pada kompetisi IPL musim ini.

Guna mengantisipasi klub kehabisan dana sebelum kompetisi usai, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa formula yang diharapkan bisa diaplikasikan oleh anggota kompetisi IPL yang salah satunya pembatasan biaya operasional maupun belanja pemain.

"Untuk IPL Rp12 miliar sedangkan Divisi Utama Rp5 miliar," kata pemilik klub Pro Duta Medan itu.

Kompetisi IPL musim ini sesuai dengan rencana akan dimulai 9 Februari nanti dan pada pertandingan perdana akan mempertemuan klub Semen Padang melawan Persibo Bojonegoro.

Sementara itu klub ISL meski tidak registrasi ke PSSI tetap menjalani kompetisi yang telah dijadwalkan. Kompetisi yang dikelola PT Liga Indonesia itu telah dimulai sejak 5 Januari lalu.

(B016/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013