... kemacetan terjadi dari pintu masuk pelabuhan mengular hingga empat kilometer lebih... "
Bakauheni, Lampung (ANTARA News) - Ribuan truk yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten, terjebak macet sepanjang empat kilometer lebih di jalan lintas Sumatera menjelang pintu masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung, akibat cuaca buruk di Perairan Selat Sunda.

Di Pelabuhan Bakauheni, Kamis sore, kemacetan terjadi dari pintu masuk pelabuhan mengular hingga empat kilometer lebih karena kendaraan truk yang akan menyeberang sudah penuh menumpuk di areal parkir dalam pelabuhan itu sejak pagi hingga sore hari.

Kapal feri atau roll on roll off (ro-ro) yang sandar dan tolak di pelabuhan itu juga sangat jarang karena kondisi permukaan Perairan Selat Sunda hujan deras dan hembusan angin sangat kencang, meskipun ada perjalanan kapal sangat lambat dengan posisi miring karena melawan terpaan angin.

Truk yang menumpuk di dalam pelabuhan berdasarkan data PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencapai 1.800 unit yang antre di dermaga 1, 2 dan 3 sejak kemarin malam.

Manager Operasional PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, mengatakan "kita tidak bisa melawan alam, dan faktor keselamatan pelayaran yang tetap diutamakan. Karena itu, jumlah kapal yang berlayar dikurangi".

Purwanto menyebutkan jumlah kapal yang dioperasikan sekarang hanya 17, sedangkan pada Rabu mencapai 24 kapal. Penumpukan truk hingga Kamis pagi hanya terjadi di areal Pelabuhan Bakauheni, belum sampai mengular ke Jalan Lintas Sumatera.

Kapal-kapal feri juga hanya dilayani di dermaga 1, 2 dan 3 Pelabuhan Bakauheni, sedang dermaga 4 dan 5 tidak dioperasikan karena terkendala cuaca, seperti angin kencang dan gelombang laut yang tinggi.

"Kapal sulit merapat di dermaga 4 dan 5 di masing-masing Pelabuhan Bakauheni dan Merak, karena terhambat angin kencang dan ombak besar," katanya. 

(KR-KTA/R010)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013