Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 12 calon hakim agung mulai hari ini menjalani serangkaian uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan oleh Komisi III DPR RI.

Menurut anggota Komisi III DPR RI, Khatibul Umam Wiranu, pada Kamis ke-12 calon hakim agung harus membuat makalah untuk dipaparkan di hadapan anggota dewan pada Senin-Selasa pekan depan.

Di gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, ia mengatakan dewan akan memilih empat hakim agung dari 12 calon yang diajukan oleh Komisi Yudisial

"Saya berharap calon hakim agung yang terpilih nanti bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga keadilan di negeri ini bisa ditegakkan," katanya.

Calon hakim agung yang akan menjalankan uji kepatutan dan kelayakan antara lain Irfan Fachruddin (PT TUN Jakarta), Is Sudaryono (Kepala PT TUN Medan), M Jusran Thawab (Pengadilan Tinggi Jakarta), dan Margono (Pengadilan Tinggi Makassar).

Selain itu ada Nommy HT Siahaan (Pengadilan Tinggi Pekanbaru), Sri Muryanto (Pengadilan Tinggi Mataram), Suharjono (Pengadilan Tinggi Makassar), Sumardijatmo (Pengadilan Tinggi Pekanbaru), dan Tumpak Situmorang (Pengadilan Tinggi Jambi).

Calon yang lainnya adalah Prof Waty Suwarty (Guru Besar Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta), Hamdi H (Pengadilan Tinggi Yogyakarta), dan Yakup Ginting (Pengadilan Tinggi Banjarmasin).

(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013