Jakarta (ANTARA News) - Sedan termewah buatan Toyota Motor Corp (TMC), Lexus seri LS terbaru yaitu 460L dan 600H (hibrid)  diluncurkan di Indonesia setelah sejumlah negara lain lebih dulu memasarnya.

"Peluncuran Lexus LS Series terbaru ini memang agak telat di Indonesia. Di luar negeri kebanyakan meluncurkannya November tahun lalu," kata Prinsipal (pemegang merek) Lexus Indonesia, Johnny Darmawan, di Jakarta, Rabu.

Ia mengaku sengaja meluncurkan mobil mewah terbaru tersebut pada awal tahun ini, agar para konsumen Lexus yang merupakan kalangan masyarakat dengan kemampuan ekonomi kelas atas bisa mendapatkan mobil dengan produksi terkini, tahun 2013.

"Jadi konsumen bisa mendapatkan Lexus LS Series terbaru dengan tahun produksi 2013," ujarnya. Johnny memperkirakan konsumen di Indonesia sudah bisa mendapatkan mobil tersebut pada Pebruari 2013.

GM Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja mengatakan, sebelum sedan mewah tersebut diluncurkan, sudah ada 15 pesanan.

"Mereka sudah melihat Sedan LS Seri terbaru itu di internet dan langsung pesan. Bahkan ada yang sudah menaruh uang, meskipun belum tahu harganya bila dipasarkan di Indonesia," ujarnya.

Adrian mengatakan tahun ini pihaknya sudah memesan sekitar 50 sedan mewah Lexus tersebut untuk di pasar di Indonesia. Ia memperkirakan jumlah tersebut akan habis pada Maret 2013.

"Kami juga sudah meminta tambahan kuota Lexus LS Series untuk Indonesia, sekitar 40 persen lagi atau sekitar 20 unit tahun ini," ujarnya.

Prinsipal Lexus Indonesia membandrol harga LS 460 L dengan harga Rp2,3 miliar per unit, sedangkan LS 600H (hibrid) senilai Rp2,902 miliar per unit.

"Tahun lalu penjualan sedan Seri LS mencapai sekitar 30 unit," kata Adrian.

Pada 2012 penjualan Lexus di Indonesia menembus angka 612 unit, naik sekitar 32 persen dibandingkan tahun 2011 yang mencapai 462 unit.

Fitur
Kepala Engineering Lexus Hideki Watanabe mengatakan ada tiga fitur andalan pada mobil mewah terbaru tersebut yaitu Lexus Climate Concierge, Advanced Illumination System (AIS), dan Leather Clad Smart Key, di samping "spindle grille" baru yang lebih sporty.

"Generasi LS menetapkan standar baru di dunia untuk mobil mewah dalam hal kenyamanan, kualitas kesenyapan kabin, dan kepuasan serta antusiasme berkendara," katanya .

Lexus Climate Concierge adalah sebuah teknologi yang memungkinkan suhu kabin secara otomatis menyesuaikan dengan suhu tubuh manusia setelah penumpang dan pengemudi masuk kendaraan.

Advanced Illumination System (AIS) merupakan teknologi yang memungkinkan tingkat cahaya kabin dan panel instrumen mengikuti situasi termasuk ketika pengendara memasuki kendaraan, menyalakan mesin, mulai berkendara, hingga mematikan mesin dan meninggalkan kendaraan.

Di Indonesia, Lexus LS terbaru itu hadir dengan 10 varian warna yaitu, White Pearl, Sonic Silver, Mercury Gray, Black, Black Opal, Starlight Black, Red, Sleek Ecru, Fire Agate, dan Lapis Lazuli.

(R016/R010)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013