Kami harap KTT ASEAN akan membawa angin segar bagi UMKM untuk bisa naik kelas.
Manado (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Utara mengharapkan penyelenggaraan KTT ASEAN di Indonesia dapat berdampak positif bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah.

"Kami harap KTT ASEAN akan membawa angin segar bagi UMKM untuk bisa naik kelas," kata Wakil Ketua Kadin Sulut Ivanry Matu di Manado, Jumat.

Ivanry mengatakan sebagai acara internasional yang besar, KTT ASEAN diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi berbagai sektor di Indonesia.

Baca juga: Akademisi: KTT ASEAN tingkatkan perekonomian daerah Dalam KTT ASEAN, katanya, biasanya juga diadakan forum bisnis yang dihadiri oleh para pengusaha dari negara-negara anggota ASEAN dan negara mitra. Kegiatan ini dapat memberikan kesempatan bagi UMKM di Indonesia untuk menjalin koneksi bisnis.

"Selain bisnis juga kerja sama dengan pengusaha dari negara-negara ASEAN dan mitra," katanya.

UMKM, katanya, dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan dan menjual produk-produk unggulan mereka dan memperluas pasar ekspor.

Baca juga: Masyarakat Manggarai Barat nyatakan dukungan sukseskan ASEAN Summit Kadin berharap KTT ASEAN juga dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi nasional secara keseluruhan sampai ke daerah-daerah.

Kehadiran para pemimpin negara dari negara-negara ASEAN dan mitra dapat memperkuat kerja sama ekonomi dan meningkatkan investasi asing di seluruh wilayah di Indonesia.  

Hal ini, katanya, dapat membuka peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023