Tokyo (ANTARA News) - Toyota Motor Jepang telah memutuskan menghentikan pembangunan pabrik baru untuk tiga tahun ke depan, sebuah pergeseran dari kebijakan sebelumnya yakni membangun pabrik baru hampir setiap tahun.

AFP melaporkan perusahaan yang berharap untuk mendapatkan kembali posisi teratas di pasar otomotif global itu, akan berkonsentrasi pada investasi modal di pabrik yang ada, kata harian bisnis Nikkei.

Kebijakan baru itu pada dasarnya akan menunda semua rencana untuk membangun pabrik baru sampai akhir tahun fiskal 2015, selain yang sudah diumumkan, kata surat kabar itu.

Perusahaan secara resmi akan mengumumkan keputusan dalam sebuah rencana manajemen baru yang akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang, kata Jiji Press seraya menambahkan bahwa Toyota ingin meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya.

Perusahaan mobil terbesar di Jepang itu kini memiliki sekitar 50 pabrik di luar negeri.

Toyota juga mengatakan pada akhir Desember lalu bahwa perusahaan itu diperkirakan mencatat penjualan 9,7 juta kendaraan pada 2012, yang dapat mengungguli General Motors dan Volkswagen sebagai industri pembuat mobil terbesar di dunia.

Perusahaan mobil itu mengharapkan dapat menjual sekitar 9,91 juta unit kendaraan pada tahun ini.

(S004)
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013