Jakarta (ANTARA News) - Persija Jakarta gagal memetik kemenangan pada laga Indonesia Super League (ISL) perdananya setelah ditahan imbang 1-1 oleh Persisam Samarinda di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu.

Pemain tengah Persisam Lacine Kone yang mencetak gol melalui sundulan kepala di menit 65, "mengubur" impian Persija untuk memberi kado tahun baru kepada para pendukungnya.

Gol Kone yang merupakan hasil kerja sama umpan dari Ferdinan Sinaga membakar semangat para pemain kedua tim untuk memburu gol yang dapat menjadi penentu kemenangan.

Apalagi di kubu Persija terdapat suntikan tenaga dari penyerang lincah Robertino Pugliara yang baru masuk di awal babak kedua.

Pemain bernomor punggung 10 itu beberapa kali mengancam gawang Persisam yang dikawal Usman Pribadi.

Begitu juga penyerang "Macan Kemayoran" Pedro Javier di menit awal babak kedua. Pedro mendapat kesempatan berhadapan langsung dengan Usman dari sisi kiri pertahanan Persisam, namun tendangannya berhasil ditepis sang kiper dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Pugliara yang tampak gesit, memncoba mengobrak-abrik pertahanan anak-anak Samarinda, namun aksinya selalu dimentahkan oleh barisan pertahanan Persisam yang dikawal M Roby ditambah bantuan dari lini tengah Lancine Kone.

Gol Kone, berawal dari pelanggaran bek Persija, yang dieksekusi oleh Ferdinand. Kone yang bertubuh tinggi besar tanpa kesulitan berhasil menyarangkan gol di gawang Adixi.

Setelah menyamakan kedudukan, Persisam yang berkostum tandang putih-putih terus menyerang dari kedua sisi.

Di menit ke-78, hampir saja, Ferdinand mengubah keadaan, namun tembakannya hanya tipis ke sisi luar tiang gawang sebelah kanan Persija.

Anak-anak "Macan Kemayoran" yang didukung puluhan ribu pendukungnya The Jack Mania, mencoba menambah tenaga dari pemain nomor 42 Fadhil Ibrahim yang menggantikan pemain yang baru saja bergabung Defri Riski.

Namun, sekali lagi, serangan Persija berhasil dimentahkan barisan belakang Persisam.

Robertino memiliki kesempatan untuk melesatkan bola dari luar kotak penalti, namun tembakannya melambung jauh ke sisi kanan atas gawang Usman.

Sama halnya dengan Robertino, di menit ke-80, tendangan bintang Persisam Lancine Kone melambung di atas mistar gawang Adixi.

Menjelang akhir pertandingan, kedua tim terus menampilkan permainan menyerang.

Pada menit ke-83, hadangan keras dari pemain Persija Ferry Komul untuk menghentikan laju Ferdinand di sisi kanan pertahanan Persija harus dibayar dengan kartu kuning.

Baik Persija dan Persisam belum berhasil memanfaatkan peluang hingga pertandingan usai yang diberi tambahan waktu tiga menit. Skor 1-1 tetap bertahan hingga peluit akhir.

Daftar pemain Persija dan Persisam pada laga pertama ISL:

Persija
29 Adixi Leivinzo (Penjaga Gawang) 15 Fabiano Beltrame (kapten) 2 Mu`min Aliansyah 33 Syahrizal 92 Syahroni 27 Ferry Komul 8 Jarot (diganti 42 Fadhil Ibrahim) 17 Anindito Wahyu E. 77 Defri Riski (diganti 3 Abdul Lestaluhu) 9 Rudi Setiawan (diganti 10 Robertino Pugliara) 25 Pedro Javier

Persisam
2 Usman Pribadi (Penjaga Gawang) 24 Pierre Njanka 16 M. Roby (kapten) 15 Joko Sidik 21 Supriyono (diganti 4 Dias Angga Putra) 13 A Sumardi 33 Lancine Kone 8 Dian Irawan (diganti 9 Lovinian Ibrahim) 23 Bayu Gatra 17 Ferdinand Sinaga 25 Aldaer Makatindu (diganti 12 Lerby Eliandry).

(I029/a011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013