Jakarta (ANTARA News) - Tim Piala Davis dan Fed Indonesia menjalani tes fisik untuk mengetahui gambaran kemampuan masing-masing atlet yang akan ditindaklanjuti selama persiapan.

"Tes fisik ini untuk mengetahui apa yang perlu diperbaiki, kekurangannya apa dan kelebihannya apa yang harus ditingkatkan," kata pelatih fisik tim Piala Fed, Paulus Pesurnay, ditemui di lapangan utama tenis di Senayan, Jakarta, Kamis.

Paulus yang antara lain pernah mencetak Yayuk Basuki, mengatakan tes fisik membuat latihan jadi lebih tepat karena kebutuhan masing-masing atlet berbeda satu sama lain.

"Latihan jadi tidak mengambang, mengelaminer yang lemah, mempertahankan kelebihan mereka bahkan dibuat lebih baik lagi," ujarnya.

Tes fisik dibagi dua tahap, pagi dan sore untuk masing-masing item yakni lari 20 meter untuk tes kecepatan, push up untuk ketahanan otot, sit and reach untuk fleksibilitas, bleep test untuk kapasitas aerobik mengetahui ketahanan kardiovaskular.

Atlet juga menjalani tes vertical jump untuk mengetahui daya ledak otot tungkai, sit up untuk ketahanan otot, shuttle run atau lari menyamping untuk melihat kelincahan atlet, RAST test dimana atlet harus lari sejauh 35 meter yang berfungsi untuk mengetahui daya tahan anaerobik.

Tidak semua atlet yang terpilih memperkuat tim ikut tes fisik karena berbagai alasan. Dari tim Fed, hanya Jessy rompies, Athena Nathalia, Vonny Darlina, dan Adila Suciadi yang datang sedangkan Gusti Ayu Fani, Lavinia Tananta, Vito Taher dan Tami Grande absen hadir.

Sementara tim Davis yang ikut tes antara lain Irfandi hendrawan, David Agung Susanto, Wisnu Adi Nugroho, Ekky Hamzah, Hendri Susilo, I ketut, Nessa Artha, dan Indra wijaya sedangkan Christopher Rungkat dan  Elbert Sie tidak hadir. 

"Hasil akan keluar besok. Nantinya ini untuk pegangan mereka karena tidak semua ikut pemusatan latihan seperti Christo yang akan ikut Granslam, atau Jessy dan Athena yang kulih di Amerika," jelas pelatih fisik tim Davis, Robby Sudrajat.

Tim Piala Davis dan Fed Indonesia hanya memiliki waktu sekitar sebulan untuk persiapan jelang Piala Davis yang berlangsung di Jepang pada tanggal 1-4 Februari 2013, dan Piala Fed di Kazakstan pada tanggal 4-10 Februari 2013.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013