Dia kan mantan penjaga gawang. Makanya tenaganya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan penjaga gawang,"
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Teknik Timnas Lionel Charbonnier setibanya di Indonesia langsung mendapatkan tugas cukup berat di antaranya fokus membantu pelatih dalam meningkatkan kemampuan penjaga gawang timnas.

"Dia kan mantan penjaga gawang. Makanya tenaganya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan penjaga gawang," kata Koordinator Timnas Bob Hippy di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pengalaman mantan penjaga gawang Timnas Prancis era 1997/1998 itu diharapkan mampu ditularkan kepada penjaga gawang timnas yang saat ini dipanggil masuk pelatnas Pra Piala Asia (PPA) 2015.

Mantan penjaga gawang klub Auxerre itu, kata dia, dijadwalkan tiba di Indonesia pekan depan dan akan langsung bergabung dengan anak asuh Nil Maizar yang akan menjalani pelatnas di Medan Sumatra Utara.

"Untuk teknisnya, Sihar Sitorus yang mengurus. Yang jelas dia akan segera bergabung," kata pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI itu.

Bob Hippy menjelaskan berdasarkan data yang dimiliki, ada lima penjaga gawang yang dipanggil pelatnas dan selanjutnya akan mendapatkan materi pelatihan dari pelatih penjaga gawang dan didukung oleh Lionel Charbonnier.

Kelima penjaga gawang yang masuk dalam 43 pemain yang dipanggil pelatnas itu adalah Prasetya, Wahyu Tri Nugroho, Deny Marcel, I Made Wirawan, dan Yoga Pratama.

Timnas Garuda yang dipersiapkan untuk PPA 2015 akan mulai berkumpul dan selanjutnya menjalani pelatnas di Medan Sumatra Utara, Jumat (4/1). Hanya saja sebelum pelatnas semua pemain akan menjalani tes kesehatan dan tes fisik.

"Ada beberapa pemain yang sakit. Makanya harus dites lagi agar penanganannya lebih cepat," kata Bob.

Saat menjalani pelatnas di Medan, selain akan menjalani pertandingan uji coba dengan beberapa klub lokal seperti Pro Duta dan PSMS. Anak asuh Nil Maizar dijadwalkan menjalani beberapa uji coba internasional yang salah satunya melawan Myanmar.

Indonesia pada PPA 2015 tergabung di Grup C bersama Saudi Arabia, Irak dan China. Untuk pertandingan perdana adalah tandang ke kandang Irak, 6 Februari 2013 mendatang.

(B016/I007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013